Zat yang harus dihindari dalam perawatan kulit

Zat yang harus dihindari dalam perawatan kulitPenggunaan produk perawatan kulit pada awalnya ditujukan untuk merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit, namun faktanya justru sebaliknya, banyak pengguna merasa dirugikan oleh beberapa jenis produk yang justru membahayakan mereka.

Efek samping atau kerusakan yang diakibatkan oleh kosmetik atau makeup tertentu memang bukan mitos adanya, sudah banyak yang pernah menjadi korban.

Hal ini diakibatkan karena produk tersebut mengandung beberapa senyawa berbahaya sehingga apabila diaplikasikan pada kulit dapat menyebabkan kerusakan sementara atau bahkan permanen.

Untuk itulah diperlukan kewaspadaan dan kecermatan kita sebelum membeli suatu produk, lihat pada bagian labelnya dan bahan apa yang produsen gunakan untuk membuat produk tersebut.

Jika diketahui ada beberapa bahan atau senyawa berbahaya di dalamnya maka tinggalkan saja. Untuk mengetahui senyawa apa saja yang bisa membahayakan kulit, di bawah ini penjelasan selengkapnya.

Berikut adalah daftar zat yang harus dihindari dalam perawatan kulit seperti dikutip dari para ahli.

1. DMDM Hydantoin

Ini adalah senyawa beracun yang berfungsi untuk mencegah berkembangbiaknya bakteri pada produk tersebut, zat ini digunakan dalam beberapa produk sebagai bahan pengawet.

Sayangnya banyak kulit tidak dapat menerima zat ini sehingga efeknya akan mengalami kerusakan, bukan hanya untuk kulit namun juga untuk lingkungan sekitarnya.

Teori ini didukung oleh National Institutes of Health, bahkan Environmental Working Group menyatakan bahwa kadar bahaya zat ini berada di skor 7 dari 10.

Produk perawatan yang biasanya menggunakan zat ini biasanya produk yang masuk ke negara kita tanpa ada izin dan banyak dijual secara online.

2. Methylisothiazolinone

Dikenal juga dengan MIT, yaitu senyawa yang biasa ditemukan dalam makeup atau kosmetik dan dapat menyebabkan alergi. Di beberapa negara maju seperti Kanada, zat ini dilarang penggunaannya dalam pembuatan kosmetik.

Environmental Working Group menyatakan bahwa zat ini dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia dan menyebabkan alergi serta kerusakan sistem saraf.

3. Oxybenzone

Oleh suatu lembaga yang mengurusi kelestarian lingkungan hidup dunia, zat ini diberi skor 9 dan masuk pada zat paling berbahaya dan harus dihindari oleh manusia.

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa senyawa iuni dapat memicu photoallergenic, yaitu kondisi dimana seseorang dapat bermasalah dengan berbagai gangguan seperti iritasi dan eksim.

Bahaya yang mungkin ditimbulkannya juga mungkin dapat merusak organ tubuh bagian dalam seperti jantung, otak dan sistem saraf. Senyawa ini hadir dalam banyak produk dan memiliki bany6ak nama seperti BP-3, 2-hidroksi-4-methoxybenzophenone, benzofenon-3, methanone, 2-hidroksi-4-metoksi benzofenon dan 2-hidroksi-4-metoksifenil.

Ketiga senyawa di atas merupakan zat berbahaya bagi kulit dan biasa ditemukan pada sebagian produk perawatan di sekitar kita, untuk itu perhatikan kembali label yang tercantum pada produk tersebut agar kita tahu bahan dan senyawa apa saja yang mereka gunakan dalam membuat produk tersebut.

tags: