Yang perlu kita ketahui tentang metode diet atkins

metode diet atkinsMetode ini pertamakali ditemukan oleh seorang dokter bernama Robert Atkins di tahun 1963, tehnik dasarnya memang sedikit mirip dengan diet ketogenik yang telah dijelaskan beberapa saat yang lalu [Baca: cara menurunkan berat badan dengan diet ketogenik].

Keduanya sama-sama membatasi asupan karbohidrat setiap harinya, namun pada atkins kita juga diwajibkan untuk menghindari gula sebanyak mungkin dan mengkonsumsi makanan tinggi protein.

Yang menarik dalam metode ini adalah, dalam dua minggu pertama kita sudah merasakan manfaatnya, berat badan berangsur-angsur turun secara signifikan hanya dalam 14 hari setelah menjalankan program ini.

Berikut adalah beberapa informasi penting terkait metode diet atkins agar kita bisa mengetahui apakah metode ini cocok atau tidak bagi kita.

Pembagian waktu atau fase

Secara garis besar program ini memiliki 4 fase yaitu induksi, proses penurunan berat badan, pra perawatan dan pemeliharaan. Penjelasan detailnya bisa kita baca di bawah ini.

Induksi merupakan tahap awal dimana kita mulai menjalankan program diet ini, di tahap ini tubuh akan mengalami masa transisi dari membakar karbohidrat untuk sumber energi menuju ke pembakaran lemak yang akan digunakan sebagai sumber utama energi.

Mirip dengan proses yang erjadi dalam diet ketogenik bukan? Fase ini hanya akan berlangsung selama kurang lebih tiga hari lalu kemudian masuk ke fase selanjutnya.

Fase kedua dinamakan dengan ‘proses penurunan berat badan’, tahapan ini tentu saja berlangsung mulai dari hari keempat sampai dengan tercapainya tujuan kita yaitu turunnya berat badan.

Adapun fase pra-perawatan merupakan suatu proses dimana kita terus melakukan kontrol terhadap berat badan sambil sesekali mengkonsumsi makanan berkarbohidrat. Tahapan ini biasanya berlangsung dalam kurun minggu atau bulan.

Untuk tahap terakhir yaitu pemeliharaan, merupakan proses jangkan panjang dan berimbas pada berubahnya pola makan serta gaya hidup pelakunya.

Pemilihan makanan

Di tahap awal, program ini mengharuskan pelakunya untuk membatasi karbohidrat yang masuk ke tubuh. Jumlah maksimal yang diperbolehkan hanya berkisar 20 gram perhari.

Ini artinya kita bisa mengkonsumsi semua jenis daging, kerang dan telur. Keju rendah karbohidrat juga bisa kita konsumsi, sedangkan dari jenis sayuran kita bisa mengkonsumsi mentimun yang kandungan karbohidratnya hanya sekitar 15 gram.

Pertimbangan dan saran

Karena diet ini tinggi lemak namun rendah karbohidrat, maka beberapa ahli melarang beberapa orang tertentu untuk mengikuti program diet ini.

Penderita diabetes dan pengidap penyakit ginjal adalah contohnya, keduanya dilarang keras untuk menjalankan program ini karena dapat menurunkan tingkat kesehatannya.

Metode diet ini dikalim dapat menurunkan berat badan seseorang hingga 15 kilogram dalam dua minggu pertama, suatu hasil yang sangat menakjubkan untuk sebuah metode diet.

Meskipun begitu, kita perlu menggali semua informasi yang berhubungan dengan metode ini. Hal ini untuk memahami cara kerja dan menghindari semua efek samping yang mungkin ditimbulkannya.

Untuk detail lengkap mulai dari menu makanan, tips dan trik dalam menjalankan atikins akan kami terbitkan mulai esok hari.

tags: