Wedang jahe untuk jerawat

Wedang jahe untuk jerawatPertanyaan yang mungkin muncul adalah apakah benar minuman yang terbuat dari jage berguna untuk mengatasi gangguan kulit? Perlu penjelasan panjang untuk sampai ke jawaban iya atau tidak, oleh sebab itu silahkan baca penjelasan detail di bawah ini.

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai wedang jahe untuk jerawat seperti dikutip dari sumber lokal maupun internasional.

Seperti dinyatakan oleh Nicholas Perricone, seorang ahli kecantikan kulit dan penulis buku berjudul The Acne Prescription bahwa jahe mempunyai anti inflamasi atau peradangan dan ini sudah diakui oleh para ahli.

Sedangkan jerawat adalah salah satu bentuk peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh berbagai sebab seperti kuman, bakteri, kadar minyak berlebih, tersumbatnya pori-pori dan lain sebagainya.

Meskipun demikian tiak ada penelitian khusus yang membuktikan bahwa meminum atau menggunakan jahe dapat secara langsung mengobati jerawat, setidaknya sampai artikel ini dibuat.

Peradangan dan jahe

Perlu diketahui bahwa tanaman ini megnandung beberapa senyawa kimia yang berguna untuk menangkal berbagai jenis peradangan pada kulit. Senyawa tersebut diantaranya seperti shogaols, zingibain, gingerol dan enzim.

Peradangan yang dialami oleh manusia bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti jerawat, diabetes dan gangguan arthritis. Pada peradangan akibat jerawat memang belum bisa dibuktikan secara langsung, namun pada peradangan yang diakibatkan oleh diabetes dan arthritis para ahli menemukan bahwa jahe memiliki peranan penting dalam menurunkan tingkat peradangan tersebut.

Teori tersebut diterbitkan pada tahun 2011 dalam jurnal berjudul International Journal of Food Sciences and Nutrition.

Gula darah dan jahe

Mark Stengler, seorang dokter penulis buku Prescription for Drug Alternatives menyimpulkan bahwa jerawat berhubungan erat dengan gula darah. Artinya jika gula darah tinggi maka insulin juga akan naik.

Naiknya insulin dalam tubuh dapat mengakibatkan peradangan pada jerawat, jahe adalah salah satu tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengontrol gula darah sehingga kadar insulin juga dapat dikendalikan.

Menggunakan jahe untuk mengatasi jerawat

Tidak ada cara khusus yang diajarkan oleh para ahli mengenai bagaimana cara efektif dalam menggunakan tanaman ini untuk mengobati jerawat. Meskipun begitu beberapa pakar berpendapat bahwa cara terbaik adalah dengan meminum minuman yang terbuat dari jahe.

Di Indonesia kita tentu sudah mengenal wedang jahe, minuman tradisional ini banyak digemari oleh masyarakat kita. Ini adalah salah satu cara mudah dalam menggunakan tanaman ini sebagai obat jerawat.

Sedangkan untuk jumlah banyaknya jahe yang diminum, Maryland Medical Center berpendapat bahwa maksimal adalah 4 gram. Lebih dari itu akan menimbulkan efek samping seperti sakit perut, iritasi pada mulut dan diare.

Kesimpulan

Meskipun wedang jahe atau minuman yang terdiri dari tanaman ini belum dibuktikan secara medis dapat mengobati jerawat, namun karena terbukti efektif dalam meringankan peradangan akibat diabetes maka diduga kuat dapat pula digunakan untuk meringankan peradangan akibat gangguan kulit tersebut.

Konsultasikan dengan dokter keluarga anda sebelum mulai menggunakannya, hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang mungkin tidak terduga sebelumnya.

tags: