Vitamin yang dapat mengurangi rambut rontok

mengurangi rambut rontokSelain dengan menggunakan bahan-bahan tradisional dan produk perawatan rambut komersil, kita juga bisa memanfaatkan beberapa jenis vitamin untuk menangani masalah tersebut.

Kerontokan memang mungkin disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin pada seseorang, saat ini terjadi maka folikel tidak dapat memproses pembentukan rambut baru dan mulai mengalami kerusakan.

Kerusakan pada folikel adalah awal dari semua bentuk kebotakan mulai dari penipisan hingga pola kebotakan yang biasa ditemukan pada wanita dan pria.

Jika keadaannya seperti ini maka cara terbaik yang bisa kita coba adalah dengan memberikan tubuh vitamin dan mineral penting agar semuanya dapat berfungsi secara normal.

Lalu vitamin apa saja yang dibutuhkan oleh folikel untuk pembentukan rambut baru dan memperkuat akarnya? Anda bisa melihat daftarnya di bawa ini.

Berikut ini adalah daftar vitamin yang dapat mengurangi rambut rontok seperti dilansir dari salah satu jurnal kesehatan.

1. Vitamin E

Ini adalah salah satu vitamin yang paling dibutuhkan oleh rambut agar pertumbuhan berjalan sempurna dan lebih sehat dibanding sebelumnya. Menurut National Institutes of Health, vitamin ini dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala.

Kita tahu bahwa salah satu cara tubuh dalam mengalirkan vitamin dan nutrisi pada seluruh anggota badan adalah dengan melalui peredaran darah, inilah alasannya kenapa peredaran darah yang lancar memiliki hubungan kuat dengan kesehatan rambut seseorang.

Jika peredaran darah mengalami gangguan maka dapat dipastikan semua nutrisi serta vitamin akan sulit mencapai folikel sehingga bagian ini tidak mendapatkan asupan zat penting yang dibutuhkannya.

2. Biotin

Biotin berfungsi untuk mendorong pembentukan asam lemak dan menekan produksi asam amino, kekurangan zat penting ini dapat membuat rambut lebih rapuh dan mudah rontok.

Kita bisa memperoleh vitamin ini dari suplemen atau langsung dari sumbernya seperti wortel, kembang kol, ikan salmon dan hati.

3. Vitamin C

Rasa-rasanya diantara sekian banyak vitamin yang dikenal manusia, vitamin inilah yang paling populer. Hal ini tidak lain karena vitamin C memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Selain dikenal sebagai sumber antioksidan yang mampu menangkal bahaya radikal bebas, vitamin C juga diketahui memiliki efek baik untuk kulit dan rambut.

Kekurangan vitamin ini dapat membuat rambut kusam dan mudah patah, untuk sumber alaminya kita bisa langsung memperolehnya dari buah jeruk, kiwi, tomat dan lain sebagainya.

4. Vitamin D

Kalsium bukan hanya dibutuhkan oleh tulang dan gigi, namun juga diperlukan oleh kulit kepala untuk menjaga kesehatannya. Sayangnya kalsium sedikit lebih sulit diserap oleh tubuh.

Untuk memudahkannya vitamin D hadir dengan beragam manfaat yang salah satunya adalah membantu tubuh dalam menyerap kalsium. Luangkan waktu sekitar 10 sampai 15 untuk berada di bawah sinar matahari setiap pagi untuk mendapatkan vitamin ini.

tags: ,