Vitamin Untuk Mengatasi Rambut Bercabang

Vitamin Untuk Mengatasi Rambut BercabangManusia diperkirakan memiliki sekitara 300 ribu helai rambut, sedangkan helaian rambut yang rontok setiap harinya berkisar antara 100 sampai 150 perhari. Jumlah ini ini jauh lebih kecil dari jumlah kerusakan yang biasa dialami oleh manusia setiap harinya.

Tidak semua kerusakan rambut mengarah pada kerontokan, beberapa diantaranya hanya memperburuk penampilan rambut seseorang. Rambut bercabang, rambut kering dan kusam adalah beberapa contoh kerusakan yang jarang memicu kerontokan.

Meski tidak menyebabkan kerontokan, tetap saja hal tersebut sangat mengganggu. Masalah rambut bercabang misalnya, ini akan menghalangi seorang wanita untuk mendapatkan rambut panjang sesuai dengan keinginannya.

Untuk mengatasi hal itu bisa dengan mengkonsumsi beberapa jenis vitamin, baik yang berasal dari sumber alaminya atau pun berasal dari suplemen.

Vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk mengurangi rambut bercabang? Berikut adalah beberapa jenis vitamin untuk mengatasi rambut bercabang seperti dilansir oleh banyak sumber.

Vitamin C

Rambut kuat dan sehat selalu berawal dari akarnya, perlu diketahui bahwa rambut berasal dari folikel yang berada di bagian bawah kulit kepala. Bila folikel mengalami kerusakan akibat radikal bebas atau penyakit tertentu maka kerontokan dan rambut bercabang mungkin tidak dapat dihindarkan.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang telah terbukti mampu melawan radikal bebas yang datang dari luar seperti sinar matahari, pencemaran lingkungan dan lain-lainnya.

Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk melindungi folikel rambut agar tetap sehat dan terhindar dari radikal bebas sehingga kekuatan akar rambut dapat tetap terjaga.

Untuk banyaknya vitamin yang perlu dikonsumsi setiap hari adalah 90 mg atau konsultasikan dengan dokter anda.

Biotin

Biotin disebut juga dengan vitamin B9 yang memegang peranan penting terhadap kesehatan rambut, terkait vitamin ini ada study yang dilakukan di Prancis dan hasilnya cukup mengejutkan.

Sekelompok orang yang tidak memberikan asupan biotin pada tubuhnya secara cukup mengalami kerontokan rambut, sedangkan sekelompok lainnya justru memiliki rambut yang lebih kuat dan sehat.

Biotin biasa ditemukan dalam telur atau pun suplemen, untuk takaran harian yang dibutuhkan sekitar 30 mcg perhari.

Vitamin D3

Kekuatan rambut juga bergantung terhadap jumlah keratin, keratin sendiri merupakan protein pembentuk rambut dan berada di sel kulit mati. Banyak hal yang mempengaruhi jumlah produksi keratin, salah satunya adalah vitamin D3.

Untuk memanfaatkan vitamin D3 dibutuhkan sintesis alami, sintesisi ini hanya akan terjadi ketika tubuh mendapatkan paparan sinar matahari di pagi hari.

Bila mampu memberikan asupan ketiga vitamin di atas setiap harinya, maka akar rambut akan lebih kuat dari sebelumnya dan terhindar dari kerontokan dan rambut bercabang.

tags: