Vitamin penyebab jerawat

Vitamin penyebab jerawatSecara garis besar vitamin memang diperlukan untuk mendukung dan mempertahankan kesehatan tubuh kita, namun siapa sangka para ahli menemukan adanya kaitan antara jerawat dengan vitamin tertentu.

Fakta baru ini cukup mengejutkan karena yang kita ketahui selama ini adalah tubuh membutuhkan vitamin agar sistem metabolisme dan kekebalan tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Untuk mengupas lebih dalam, kami mencari informasi yang berkaitan dengan hal ini dari para narasumber yang sangat mengerti betul di bidangnya, dan hasilnya dapat dibaca dalam artikel ini.

Berikut ini merupakan 3 vitamin penyebab jerawat seperti yang dilansir dari para ahli kecantikan kulit dan pakar kesehatan ternama.

1. Vitamin B6

Jika tubuh menerima asupan vitamin B6 dalam kadar normal maka metabolisme tubuh kita akan meningkat dan mampu mengerakkan organ tubuh lainnya agar berfungsi dengan baik.

Namun jika terlalu banyak, maka dapat menimbulkan persoalan jerawat. Menurut lembaga National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements, manusia hanya membutuhkan 1,3 miligram.

Sedangkan suplemen yang dijual bebas di pasaran memiliki dosis yang jauh lebih tinggi, hal ini justru dapat menyebabkan keracunan dan memicu munculnya jerawat.

Meskipun demikian tidak semua ahli menyetujui hasil penemuan ini, ada beberapa diantara mereka yang meragukan hasil penelitian tersebut.

Namun demi keamanan, ada baiknya kita berkonsultasi dengan ahli gizi dan nutrisi sebelum berniat untuk mengambil suplemen tertentu agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

2. Yodium

Yodium masuk ke dalam kelompok mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sumber alami dari zat ini terdapat pada bahan makanan yang berasal dari laut.

Makanan tersebut mengandung yodium dalam dosis yang tepat, berbeda dengan suplemen yang bisa dengan mudah kita temukan di toko-toko obat yang biasanya mengandung dosis tinggi.

Penggunaan yodium dalam dosis tinggi dapat menyebabkan hadirnya jerawat di wajah, punggung atau bagian tubuh lainnya.

Menurut Elson Haas, MD, kadar yodium yang terlalu tinggi dalam aliran darah dapat memicu berbagai gangguan kesehatan termasuk peradangan pada kulit, munculnya jerawat dan masalah iritasi.

Agar kita mendapatkan yodium dalam dosis yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terdekat untuk mencegah timbulnya masalah-masalah di atas.

3. Vitamin B12

Hasil penelitian yang dilakukan oleh O. Braun-Falco and H. Lincke menemukan bahwa asupan vitamin B12 dalam dosis tinggi dapat memicu gangguan kulit termasuk jerawat.

Untuk itu diperlukan pengetahuan dan kehati-hatian saat memilih dan mengkonsumsi multivitamin tertentu. Tubuh memiliki batas dan toleransi berbeda-beda terhadap suatu zat atau senyawa.

Kurang hati-hati dalam memilih suatu produk suplemen dapat menyebabkan kerusakan organ karena dosis yang diterima melebihi batas maksimal yang dibutuhkan tubuh.

tags: