Vitamin E dan Penuaan Dini

Vitamin E dan Penuaan DiniPenuaan pada kulit tidak dapat dihindari, sekeras apapun usaha yang kita lakukan tetap saja hal tersebut akan terjadi. Yang perlu dilakukan adalah mencegah tanda penuaan datang terlalu dini.

Penuaan kulit yang datang lebih awal pada umumnya disebabkan oleh berbagai faktor seperti paparan sinar matahari, asap rokok, pencemaran lingkungan dan polusi.

Jika seseorang mengalami penuaan dini maka hal itu berarti ada peningkatan radikal bebas pada tubuhnya, radikal bebas tersebut bukan hanya merusak jaringan kulit namun juga mengganggu proses metabolisme tubuh.

Antioksidan adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk menanggulangi masalah ini, antioksidan biaas ditemukan pada sayur dan buah. Sedangkan salah satu jenis antioksidan yang bisa mengurangi efek dari radikal bebas tersebut adalah vitamin E.

Itulah mengapa banyak produk anti aging yang menggunakan unsur ini, karena salah satu khasiatnya memang untuk mengurangi dampak radikal bebas dan mengembalikan keremajaan kulit.

Berikut kami jelaskan beberapa hal penting terkait dengan vitamin E dan penuaan dini akibat radikal bebas dan pencemaran lingkungan.

Kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebihan dapat merusak lapisan kulit luar dan dalam, tanda atau gejala yang paling mudah dikenali adalah munculnya bintik-bintik hitam, keripun dan lain-lain.

Vitamin C dan E merupakan dua jenis vitamin yang dikenal mampu menanggulangi masalah yang ditimbulkan oleh sinar matahari karena memiliki sifat antioksidan tinggi.

Seperti disampaikan oleh Journal of Dermatology Treatment dan dipublikasikan pada tahun 2001 bahwa para peneliti menemukan konsentrasi vitamin E yang dibawah standar pada kulit yang bermasalah dengan penuaan dini.

Artinya, semakin sedikit vitamin E yang kita konsumsi maka kulit akan semakin rentan terhadap masalah penuaan seperti kerutan, flek hitam, garis halus dan bintik-bintik hitam.

Kombinasi vitamin C dan E

Karena keduanya memiliki sifat antioksidan yang kuat, bila digabungkan ke dalam satu produk misalnya tabir surya, maka hasilnya dapat menangkal efek buruk dari sinar ultraviolet B.

Sinar tersebut adalah pemicu utama kerusakan jaringan sel kulit yang berada dipermukaan dan keriput di usia muda. Sedangkan vitamin C sendiri mampu menangkal radiasi ultraviolet A yang juga dapat menyebabkan munculnya keriput.

Cara memperoleh manfaat tersebut

Cara yang paling direkomendasikan oleh para ahli adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung keduanya. Brokoli, selai kacang, buah kiwi, bayam, biji bunga matahari, tomat dan mangga adalah beberapa contoh dari sekian banyak sayur dan buah yang mengandung kedua vitamin penting tersebut.

Kita juga bisa mengkonsumsi suplemen, namun hal ini tidak begitu dianjurkan oleh para pakar, karena bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping pendarahan.

Vitamin E dalam krim

Banyak produk perawatan kulit yang menawarkan khasiat vitamin E, produk tersebut biasanya berupa tabir surya dan pelembab. Kita bisa menggunakan produk tersebut selama cocok untuk jenis kulit dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

tags: