Tujuh Penyebab Rambut Bercabang

Penyebab Rambut BercabangRambut bercabang merupakan satu dari sekian banyak tanda kerusakan rambut yang paling sering dialami oleh wanita. Masalah ini sebenarnya bisa dicegah sedini mungkin dengan meninggalkan kebiasaan buruk dan memperbaiki pola makan. Selain itu perlu diketahui pula pemicu masalah tersebut, dengan mengetahui seluruh penyebabnya, kita akan lebih mudah mencegah kerusakan akibat kesalahan yang kita perbuat.

Berikut adalah tujuh penyebab rambut bercabang seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Senyawa kimia dan styling rambut

Kedua hal ini dianggap sebagai pemicu utama masalah rambut bercabang. Pewarna rambut adalah salah satu contohnya, produk ini pada umumnya memiliki kandungan ion hidroksida serta peroksida yang memiliki sifat keras pada rambut. Bila produk ini digunakan dalam jangka waktu lama maka kerusakan pada rambut tidak dapat terhindarkan.

Pengering rambut

American Academy of Dermatology menyatakan bahwa suhu panas yang dihasilkan oleh pengering rambut atau hair dryer bisa menembus batang rambut. Bila kondisi ini terus terjadi berulang kali maka besar kemungkinan rambut akan mengalami kekeringan dan mudah pecah di bagian ujung dan pangkalnya.

Menyikat dan menggunakan sampo secara berlebihan

Mungkin sebelumnya kita mengganggap bahwa menyikat dan juga mencuci rambut dengan sampo setiap hari dapat menjaga rambut tetap sehat dan bersih. Faktanya mitos ini justru memberikan dampak sebaliknya, penggunaan sampo setiap hari dapat mengeringkan rambut. Sedangkan menyikat rambut secara teratur dapat merusak batang dan helaian rambut itu sendiri.

Bila hal ini terus dilakukan maka jangan kaget jika suatu saat nanti kita akan berurusan dengan batang rambut yang rapuh dan juga rambut kusam.

Menggunakan karet gelang atau penjepit

Mengikat rambut terlalu kencang baik menggunakan karet gelang atau pun penjepit rambut dapat mengurangi kekuatan akar rambut. Oleh sebab itu hindari penggunaan karet atau penjepit terlalu kencang, hindari pula menjepit rambut di bagian yang sama setiap hari.

Penurunan berat badan

Berat badan yang turun secara drastis pun dapat mengakibatkan kerontokan dan rambut bercabang, maka dari itu perhatikan metode diet yang sedang anda jalankan. Diet adalah mengatur pola makan sedemikian rupa, bila diet yang dijalankan tidak memperhatikan nilai gizi dan nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi maka akibatnya bisa sangat fatal dan mempengaruhi rambut secara langsung.

Kekurangan vitamin

Vitamin E, B serta zat besi merupakan tiga jenis vitamin yang berguna untuk menjaga rambut dari segala macam kerusakan. Kekurangan salah satu diantaranya saja sudah cukup membuat rambut rapuh dan mudah patah.

Perawatan medis

Kemoterapi adalah salah satu terapi yang biasa digunakan untuk mematikan sel kanker, terapi ini memiliki efek langsung pada kerontokan rambut.

tags: