Tujuh Manfaat Tomat Bagi Kecantikan

manfaat tomatTomat merupakan sayuran yang memiliki banyak nutrisi dan vitamin penting yang baik untuk manusia. Atas dasar nutrisi serta vitamin inilah kenapa para ahli mulai memanfaatkan tomat dalam dunia kecantikan dan kesehatan.

Kandungan vitamin C dan antioksidan alami dalam tomat membuat orang yang mengkonsumsinya memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Vitamin C berguna untuk memperbaiki jaringan sel rusak sedangkan antioksidan melindungi seseorang dari paparan radikal bebas.

Lalu apa saja manfaat tomat bagi kecantikan? Karena banyak dari kita yang hanya mengetahui berbagai manfaat tomat dalam dunia kesehatan seperti yang telah dijelaskan dalam kalimat pembuka di atas.

Berikut adalah tujuh manfaat tomat bagi kecantikan seperti dilansir dari beberapa sumber.

1. Memperlambat munculnya tanda penuaan

Penuaan adalah hal alami dan terjadi pada semua mahluk yang ada di dunia ini, namun ada sedikit trik sederhana untuk memperlambat datangnya tanda penuaan.

Trik ini berguna untuk mencegah munculnya kerutan dan garis halus di sekitar wajah. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan satu buah tomat lalu tumbuk sampai halus.

Oleskan tomat yang telah halus tersebut ke seluruh bagian wajah, diamkan sampai kering lalu bersihkan dengan air. Lakukan trik ini sedikitnya satu kali sehari.

2. Mengecilkan pori-pori

Manfaat tomat bagi kecantikan selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori. Ukuran pori-pori yang besar bisa menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah menumpuknya minyak dan kotoran. Jika tidak segera diatasi maka masalah jerawat dan komedo tidak dapat terhindarkan.

Selain dapat mudah bermasalah dengan jerawat dan komedo, ukuran pori-pori yang besar juga tentu mengurangi penampilan anda.

Untuk mengecilkan pori-pori anda hanya membutuhkan satu buah tomat dan sedikit tetesan jeruk lemon. Haluskan tomat lalu campurkan dengan cairan jeruk lemon, setelah halus oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20 menit.

Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut. Jalankan langkah ini setidaknya dua hari sekali. Selain cara ini, anda juga bisa mencoba cara lain syang sebelumnya pernah kami bahas di sini >>> Cara mengecilkan pori-pori dengan masker.

3. Mengurangi minyak berlebih

Minyak berlebih pada wajah bisa menimbulkan banyak gangguan, kondisi ini juga sering dikaitkan dengan munculnya masalah jerawat, komedo, dan tanda penuaan dini.

Untuk mengurangi minyak berlebih, sediakan buah tomat dan sedikit mentimun. Haluskan keduanya dengan blender lalu oleskan pada wajah secara merata.

Diamkan sampai benar-benar mengering lalu bilas dengan air dingin. Lihat juga beberpaa tips penting terkait kulit berminyak >>> Empat langkah dasar untuk merawat kulit berminyak.

4. Mengatasi jerawat

Tomat mengandung vitamin A dan C dalam jumlah besar. Kedua vitamin tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Salah satu manfaat vitamin A dan C adalah mengatasi jerawat sekaligus mencegahnya datang kembali. Langkah paling sederhana yang bisa kita lakukan dengan tomat adalah dengan mengiris tomat tipis-tpis lalu letakkan di permukaan kulit berjerawat selama beberapa menit.

Ulangi langkah di atas sesering mungkin sampai gangguan jerawat berkurang sedikit demi sedikit. Ikuti pula cara mengatasi jerawat yang pernah kami share beberapa bulan lalu>>> Cara mengatasi jerawat.

Halaman: 1 2
tags: