Tujuh Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut

manfaat lidah buayaLidah buaya merupakan tanaman yang kaya akan manfaat, selain kerap digunakan dalam dunia kesehatan, tanaman ini pun terkenal dalam dunia kecantikan.

Daging lidah buaya sering digunakan sebagai pelembab alami kulit, namun seperti yang kita tahu bahwa tanaman ini sering dimanfaatkan orang untuk berbagai keperluan yang ada kaitannya dengan kesehatan dan kesuburan rambut.

Sebenarnya apa saja manfaat lidah buaya sehingga banyak orang menggunakan tanaman ini sebagai bahan dasar dalam perawatan rambut?

Berikut adalah tujuh manfaat lidah buaya bagi rambut seperti dirangkum dari beberapa sumber penting.

1. Mencegah rambut bercabang

Bosan dengan masalah rambut bercabang? Cobalah menggunakan ekstrak lidah buaya dalam beberapa minggu secara teratur. Rambut akan semakin kuat dari ujung hingga pangkal.

Untuk anda yang belum mengetahui caranya, silahkan siapkan dua bahan dasar di bawah ini:

  1. Beberapa sendok makan daging lidah buaya
  2. Satu sendok makan cairan jeruk lemon

Campurkan daging lidah buaya dengan dua sendok makan cairan jeruk lemon, aduk sampai rata lalu oleskan secara merata dari pangkal hingga ujung rambut.

Biarkan selama beberapa menit sampai semua nutrisi dan zat yang terkandung dalam lidah buaya dapat meresap ke dalam batang rambut, baru kemudian anda boleh membilasnya.

Adapun penggunaan jeruk lemon di sini dimaksudkan untuk mengurangi minyak berlebih di batang rambut.

2. Mencegah eksim di kulit kepala

Eksim termasuk penyakit kulit yang sangat mengganggu, pasien akan merasa gatal yang teramat sangat, untuk mencegah dan mengurangi gangguan eksim di bagian kulit kepala, anda bisa menggunakan tanaman ini.

Daging lidah buaya memiliki sifat menenangkan sehingga gatal-gatal yang diakibatkan oleh eksim bisa sedikit diredakan.

3. Mengatasi kerontokan rambut

Kandungan yang terdapat dalam tanaman ini berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat. Salah satu cara kerjanya adalah mengangkat sel kulit mati di kepala sehingga pertumbuhan rambut tidak megnalami gangguan.

Selain itu daging lidah buaya berfungsi untuk menstabilkan pH pada kulit kepala, pH seimbang menjadi salah satu syarat utama pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.

4. Mengurangi gatal di kulit kepala

Jika gatal yang disebabkan oleh eksim saja bisa diredakan atau dikurangi berkat penggunaan daging lidah buaya, apalagi gatal yang diakibatkan oleh tumpukan minyak berlebih.

5. Mengatasi ketombe

Jumlah sel kulit mati pada kulit kepala yang besar disebabkan oleh kadar kelembaban yang berada di bawah ambang batas normal. Sel kulit mati ini biasanya berwarna putih dan terlihat seperti serpihan-serpihan kecil.

Serpihan itulah yang biasa dinamakan dengan ketombe. Masalah ketombe bisa diatasi dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya secara teratur.

6. Menghaluskan rambut

Untuk mendapatkan rambut lembut dan halus, orang biasanya lebih suka menggunakan kondisioner. Namun tahukah anda bahwa salah satu sifat lidah buaya mirip dengan keratin?

Sifat ini berperan penting dalam menjaga kelembutan serta kehalusan rambut anda.

7. Menguatkan rambut

Manfaat lidah buaya bagi rambut selanjutnya adalah menguatkan rambut, asam amino yang ada dalam ekstrak tanaman ini berfungsi untuk menjaga kebersihan kulit kepala.

Jika kulit kepala dalam keadaan bersih dan terawat maka rambut akan tumbuh lebih kuat dan tidak mudah rontok.

tags: