Tujuh Manfaat Jeruk Bagi Kecantikan

manfaat jeruk bagi kecantikanSelain buah apel, jeruk merupakan salah satu buah yang banyak disukai orang banyak. Rasanya yang manis dan menyehatkan membuatnya menjadi salah satu buah yang paling difavoritkan anak-anak hingga orang tua sekalipun.

Lalu adakah manfaat yang tersembunyi dalam buah ini selain rasanya yang enak? Banyak sekali penelitian yang menunjukkan khasiat dan manfaat jeruk ini khususnya dalam dunia kecantikan?

Berikut adalah 7 manfaat jeruk bagi kecantikan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya.

1. Digunakan sebagai bahan pembuatan scrub

Kebanyakan orang tidak mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dari kulit jeruk sehingga membuangnya begitu saja, padahal kulit jeruk yang kelihatannya tidak bermanfaat ini bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan scrub untuk meningkatkan kecerahan kulit.

Kumpulkan kulit jeruk secukupnya lalu jemur sampai kering, setelah mengering tumbuk hingga halus. Agar manfaatnya lebih terasa, campurkan bubuk kulit jeruk tadi dengan sedikit oatmeal dan beberapa tetes madu.

Oleskan pada kulit dan wajah lalu tunggu beberapa saat, bilas dengan air dingin sampai bersih. Bila dilakukan secara teratur maka sel kulit mati akan terangkat dan kulit akan semakin cerah bercahaya.

2. Mengecilkan pori-pori

Lubang pori-pori berukuran besar bukan hanya mengurangi penampilan kita, namun juga memperbesar potensi terhadap berbagai gangguan kulit lainnya.

Untuk mengecilkan pori-pori menggunakan jeruk, cukup ambil satu buah jeruk lalu buatlah menjadi jus. Oleskan secara merata ke semua bagian kulit dan tunggu sampai mengering.

Bersihkan dengan air dingin, jika cara ini dilakukan setiap hari, maka dalam beberapa minggu kedepan ukuran pori-pori akan mengecil.

3. Memutihkan kulit

Selain bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan scrub, kulit jeruk juga berkhasiat dalam memutihkan kulit, menghilangkan flek hitam dan bercak yang tidak diinginkan.

Gosokkan kulit jeruk pada kulit secara perlahan selama 10 sampai 15 menit, lakukan sambil memijat bagian wajah kemudian basuh dengan air dingin.

4. Mencegah jerawat

Jeruk mengandung asam sitrat tinggi yang berguna untuk menyerap dan sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Dengan berkurangnya produksi minyak maka masalah jerawat dapat dicegah dengan mudah.

Wajahpun akan terlihat lebih cerah dan bersih.

5. Mengatasi kulit kusam

Kulit kusam umumnya disebabkan oleh banyak hal seperti tumpukan kulit mati yang tidak segera diangkat, kotoran yang menempel dan buruknya faktor kebersihan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup oleskan cairan jeruk ke wajah dan biarkan sampai mengering. Basahi kain dengan air hangat lalu gunakan untuk mengangkat sisa cairan di permukaan wajah.

Selain cara tersebut, baca pula berbagai tips alami untuk mencerahkan wajah di halaman berikut >>> Kumpulan tips alami untuk mencerahkan wajah dan kulit.

6. Mengencangkan kulit

Adapun manfaat jeruk bagi kecantikan selanjutnya adalah mampu meningkatkan kekencangan kulit. Caranya cukup mudah, sediakan kulit jeruk secukupnya lalu rebus dalam air mendidih selama satu jam.

Angkat lalu pindahkan ke wadah, simpan di tempat sejuk selama satu hari kemudian saring airnya. Simpan cairan tadi ke dalam lemari pendingin untuk digunakan di kesempatan mendatang.

7. Melembutkan rambut

Jeruk juga bisa dimanfaatkan sebagai kondisioner alami, cara pembuatannya sangat mudah. Cukup campurkan jeruk yang telah dihaluskan dengan madu lalu gunakan sebagai kondisioner.

Cara ini bukan hanya melembutkan rambut, namun juga meningkatkan kelembaban alami di kulit kepala.

Masih banyak manfaat jeruk bagi kecantikan yang tidak sempat kami jelaskan di halaman ini, kami akan berusaha mengupdatenya di kesempatan mendatang.

tags: