Tujuh Jenis Kerusakan Kulit dan Solusinya

kerusakan kulit dan solusinyaPergantian musim dari dingin ke panas atau sebaliknya memaksa kulit untuk bereaksi, ketika seseorang gagal mengantisipasi bahaya atau kerusakan yang mungkin terjadi pada kulit akibat perubahan suhu tersebut, maka kerusakan kulit tidak dapat terhindarkan lagi.

Lalu jenis kerusakan kulit apa saja yang sering ditemukan di musim panas? Berikut adalah tujuh jenis kerusakan kulit yang paling banyak dialami orang saat musim panas, penjelasan dilengkapi dengan solusi yang bisa diambil untuk mengatasi kerusakan tersebut.

1. Bercak akibat paparan sinar matahari

Di musim panas, sinar matahari akan lebih terik dari biasanya dan sangat berpotensi menimbulkan bercak di kulit. Bercak bisa berwarna merah atau kecoklatan.

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan minyak zaitun, perasan jeruk nipis dan susu. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk sampai rata lalu oleskan.

Tunggu selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air dingin. Selain cara tadi, anda juga bisa mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi buah atau sayur yang memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi.

2. Gigitan serangga

Gigitan serangga adalah kasus yang banyak terjadi di musim panas, seseorang akan merasakan gatal atau panas yang jika digaruk dapat menimbulkan iritasi.

Untuk menghindari terjadinya iritasi kulit akibat gigitan serangga, Melissa Piliang, MD, seorang dokter kulit di Cleveland Clinic menyarankan untuk tidak menggaruk kulit. Cukup gunakan antihistamin untuk meredakan rasa gatal atau panas.

3. Terbakar sinar matahari

Kerusakan ini lebih parah dibanding kerusakan pada point pertama. Langkah pertama yang disarankan oleh para ahli dalam mengatasi kerusakan jenis ini adalah dengan mengkompres area kulit yang terkena, kombinasikan juga dengan mengoleskan krim pelembab secara terus menerus sampai gejala bisa mereda.

4. Kulit kering

Kulit kering ditandai dengan pecah-pecah, mudah mengelupas dan terkadang disertai dengan iritasi. Cara terbaik untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan produk pelembab.

Anda juga bisa menggunakan masker yang khusus diformulasikan untuk mengatasi masalah ini, silahkan ikuti panduannya di sini (Baca: cara membuat masker untuk mengatasi kulit kering).

5. Bibir pecah-pecah

Bukan hanya permukaan kulit di bagian wajah atau anggota tubuh lainnya, bibir juga kerap mengalami masalah saat musim panas, masalah yang biasa muncul adalah pecah-pecah.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, silahkan ikuti tips berikut (Baca: Cara mudah mengatasi bibir pecah-pecah).

6. Kulit kusam

Kulit kusam menandakan terjadinya penumpukan sel kulit mati, kulit mati tersebut harus segera dibuang. Cara terbaik adalah dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit.

Silahkan baca di halaman berikut untuk mengetahui informasi lengkapnya (Baca: Lima cara terbaik untuk mengatasi kulit kusam).

7. Jerawat

Jenis kerusakan kulit yang sering terjadi di musim panas adalah jerawat, gangguan ini memang bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Namun dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa masalah lebih sering terjadi ketika suhu tinggi.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah dengan menggunakan krim anti jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Anda juga bisa membaca informasi lebih lengkap tentang masalah ini di halaman berikut (Baca: jerawat dan penanganannya).

tags: