Tujuh Alasan Kenapa Memilih Makanan Vegetarian

Makanan VegetarianTiap orang memang memiliki makanan kegemarannya masing-masing, ada yang gemar mengkonsumsi makanan organik, ada juga yang suka dengan makanan yang terdiri dari daging hewan ternak.

Namun perlu diketahui bahwa makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh pada kebugaran dan kondisi kesehatan. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung daging sering dikait-kaitkan dengan masalah kolesterol dan jantung.

Oleh sebab itu sebagian orang lebih memilih makanan vegetarian yang notabene meninggalkan semua makanan yang berasal dari daging hewan ternak. Apa saja manfaat dari pola makan seperti ini? Apakah benar dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh?

Berikut adalah tujuh alasan kenapa memilih makanan vegetarian seperti dikutip dari beberapa sumber.

Membantu tubuh tetap sehat

Beberapa hasil study dan survey menunjukkan bahwa sekelompok orang yang menjalankan pola makan layaknya vegetarian memiliki tingkat kesehatan yang jauh lebih baik dari pada kelompok lainnya.

Hasil study ini jelas menunjukkan bahwa pola makan yang baik dapat membantu seseorang untuk sehat lebih lama tanpa harus berhadapan dengan masalah kesehatan serius seperti jantung, stroke dan lain-lainnya.

Hidup lebih lama

Umur atau usia seseorang memang telah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa, adapun hasil survey yang menunjukkan bahwa kelompok vegetarian rata-rata dapat hidup 7 tahun lebih lama dibanding kelompok lainnya hanya sebagai penegas bahwa seseorang dapat memilih untuk menjalankan pola hidup sehat atau malah sebaliknya.

Dengan menjalankan pola hidup sehat maka besar kemungkinan kita dapat bertahan lebih lama dibanding orang yang hidup tidak teratur dan cenderung seenaknya sendiri.

Bebas dari racun

Makanan pokok vegetarian adalah seluruh jenis sayuran dan buah, makan ini memiliki banyak sekali vitamin serta nutrisi dan berbagai elemen yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu beberapa senyawa dalam sayur dand buah juga dapat menetralisir serta membuang segala jenis racun dari dalam tubuh melalui saluran pembuangan ataupun kelenjar keringat.

Semakin terbatas racun yang ada dalam tubuh seseorang maka akan semakin sehat pula kondisi badannya.

Mencegah penyakit kanker

Makanan yang diperbolehkan dalam vegetarian cenderung memiliki sifat antioksidan yang dapat menjadi pelindung tubuh dari bahaya radikal bebas. Selain itu antioksidan juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang sehingga resiko terhadap kanker dapat diminimalisir.

Menjaga jantung

Makanan vegetarian sangat rendah kolesterol bahkan bisa dikatakan tidak ada, berbead dengan makanan yang terdiri dari daging yang cenderung tinggi kolesterol. Kolesterol tinggi sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung.

Bebas dari flu burung

Jenis penyakit yang ditularkan oleh hewan ternak atau peliharaan ini cukup mematikan, dengan menghindari mengkonsumsi makanan tersebut maka kemungkinan terinfeksi oleh virus tersebut dapat ditekan.

Murah

Harga sayur dan buah juauh lebih murah dibanding daging, anggaran yang harus dikeluarkan dalam satu bulan pun jauh lebih rendah sehingga selain dapat hidup lebih sehat, kita juga dapat menekan pengeluaran bulanan.

tags: