Tips untuk rambut berminyak

Tips untuk rambut berminyakRambut berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang terjadi dalam folikel secara berlebihan. Rambut panjang sangat rentan terhadap masalah ini sehingga sering ditemui wanita berambut panjang lebih sering bermasalah dengan gangguan seperti ini.

Namun ada langkah jitu untuk mengatasinya agar kembali segar dan terlihat lebih bersih, bila tips ini dilakukan secara rutin dan jangka panjang maka semua masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah.

Berikut adalah tips untuk rambut berminyak seperti yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber ahli dan terpercaya.

1. Menggunakan sampo

Jika masalah ini mengenai kita maka dianjurkan untuk mencuci rambut dua kali sehari dengan menggunakan sampo ringan, hindari penggunaan sampo yang terlalu keras karena dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan.

Pilihlah sampo herbal atau gunakan sampo bayi untuk amannya, tidak dianjurkan untuk menggunakan sampo anti ketombe karena sampo ini biasanya menggunakan bahan-bahan yang dapat menyebabkan hilangnya kelembaban.

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan saat sedang mencuci rambut, salah satunya adalah dengan melakukan pemijatan beberapa saat kemudian diamkan selama lima menit.

Hal ini dilakukan agar semua minyak yang masih berada dalam folikel bisa terangkat keluar dan mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala.

2. Menghindari perpindahan minyak

Jika kita pernah mendengar bahwa jerawat atau masalah kulit wajah lainnya disebabkan oleh rambut, maka itu tidak mengada-ada. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan erat antara rambut dan jerawat.

Jika rambut berminyak yang dimiliki seseorang mengenai wajah maka perpindahan minyak dari kepala ke kulit wajah tidak terhindarkan.

Hal ini dapat membuat wajah lebih berminyak dan mudah terkena gangguan jerawat maupun komedo. Untuk itulah perlu dilakukan penanganan khusus agar minyak tersebut tidak berpindah tempat.

3. Keringkan

Mengeringkan rambut yang berminyak merupakan salah satu langkah tepat untuk mengurangi persoalan tersebut, hindari penggunaan hair dryer karena justru dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan semi permanen.

Gunakan alat pengering alami seperti udara yang dihasilkan oleh kipas angin dan lain sebagainya, ini lebih aman dibanding harus menggunakan hair dryer.

4. Kurangi makanan berlemak

Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan makanan berlemak dapat memicu produksi minyak berlebih pada folikel, namun kita tahu bahwa makanan yang dikonsumsi setiap harinya sangat berpengaruh pada kondisi tubuh.

Atas dasar inilah maka sebagian pakar menengarai ada kaitan meskipun tidak secara langsung antara makanan berlemak dengan meningkatnya produksi minyak pada kulit kepala dan kulit wajah.

Untuk lebih amannya, kita bisa mencoba menghindari atau mengurangi makanan tersebut dan lihat bagaimana perkembangannya. Jika dalam beberapa hari ada peningkatan positif maka lakukan terus.

Namun bila tidak ada perkembangan positif maka mungkin masalah yang kita hadapi bukan diakibatkan oleh jenis makanana tertentu.

tags: