Tips perawatan rambut pendek

perawatan rambut pendekMerawat rambut pendek memang tidak sesulit saat kita merawat rambut panjang, meski demikian bila langkah dan cara yang dilakukan salah maka kerusakan pada rambut tidak dapat dihindarkan lagi.

Oleh sebab itu perhatikan dengan baik langkah apa yang seharusnya kita jalankan agar tetap sehat dan bebas dari segala tanda kerusakan seperti penipisan, kerontokan dan kusam.

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut pendek seperti dikutip dari berbagai sumber ahli dan jurnal online.

1. Memangkas secara teratur

Sama halnya dengan rambut panjang, kita harus rutin memangkas ujungnya agar terhindar dari masalah rambut bercabang. Namun pemangkasan hanya dilakukan setiap bulan, berbeda pada rambut panjang yang harus dilakukan dua minggu sekali.

Pemangkasan ini dilakukan bukan saja untuk menghindari terjadinya rambut bercabang namun juga menjaga tatanan yang kita gunakan saat ini. Pemangkasan yang dilakukan secara teratur membuat kita tetap memiliki kontrol penuh terhadapnya.

2. Penyisiran

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat melakukan penyisiran. Hindari menyisir saat dalam keadaan basah karena akar berada dalam posisi terlemahnya sehingga sangat mungkin terjadi kerontokan di saat seperti ini.

Biarkan hingga kering karena udara baru kemudian kita menyisirnya, selain itu biasakan untuk menggunakan sisir bergerigi lebar agar tidak terjadi tarikan kuat saat melakukan aktifitas tersebut.

3. Pencucian

Saat membasuh, gunakan sampo yang memang dirancang untuk jenis rambut kita. Pilihlah produk yang paling ringan dan tidak mengandung bahan kimia atau deterjen di dalamnya.

Pemilihan sampo yang tepat sangat diperlukan untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh produk tersebut. Setiap orang memiliki jenis berbeda, oleh sebab itu hindari penggunaan sampo yang dapat menyebabkan kekeringan.

Jangan lupa pula untuk menggunakan kondisioner setelah pencucian selesai dilakukan, kondisioner memudahkan kita dalam menatanya sekaligus membantu menutrisi akar dan folikel bila jenis kondisioner yang digunakan benar-benar tepat dan cocok.

Oleh sebab itu pelajari terlebih dahulu jenis seperti apa yang kita miliki baru kemudian mencari dan memilih produk yang sesuai dengan rambut.

4. Styling

Setiap orang tentu memiliki gaya atau tatanan tersendiri, hal ini sah-sah saja bila dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan. Yang perlu diingat adalah hindari mengikat terlalu kuat karena bisa membuat akar kehilangan kekuatannya.

Bila kekuata tersebut hilang maka cepat atau lambat akan terjadi penipisan yang berujung pada kerontokan dan kebotakan permanen. Pilihlah tatanan yang mudah dilakukan namun tidak membuatnya stress.

Bila keempat tips di atas kita perhatikan dengan baik dan dijalankan maka kerusakan dapat kita hindari sejauh mungkin. Namun bila salah satunya diabaikan maka cepat atau lambat kita akan berhadapan dengan berbagai masalah dikemudian hari.

tags: