Perawatan kulit perawatan kulit untuk usia 40

Published on July 6th, 2013 | by admin

0

Tips perawatan kulit untuk usia 40 tahun ke atas

perawatan kulit untuk usia 40Faktor usia sangat berkaitan langsung dengan kulit terutama dari tekstur dan sturkturnya, saat menginjak usia 40 tahun ke atas maka akan tampak kerutan di sana-sini yang bukan hanya kita dapatkan di area wajah namun juga terlihat jelas di tangan, leher dan bagian lainnya.

Kondisi ini sebenarnya hal yang wajar terjadi, namun dengan beberapa teknik perawatan yang tepat maka masalah kerutan bisa dikurangi keberadaannya.

Perawatan yang perlu diterapkan pada dasarnya sama saja, yakni menjaga kelembababan kulit selama mungkin dan membersihkan segala kotoran yang menempel di permukaan kulit.

Namun karena teskturnya berbeda dengan kulit pada remaja maka langkah perawatan yang dilakukan pun memiliki sedikit perbedaan. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kulit untuk wanita berusia 40 tahun lebih.

1. Bersihkan secara teratur

Ini berlaku untuk siapa saja dan usia berapa saja, namun untuk wanita dengan usia 40 tahun ke atas memerlukan produk pembersih yang bebas pewangi dan pewarna buatan demi menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat penggunaan produk tersebut.

Lakukan point ini sebanyak dua kali sehari, jangan gunakan produk pembersih wajah lebih dari itu karena berpotensi mengikis kelembaban alami kulit sehingga dapat memicu berbagai masalah lain.

2. Hindari paparan sinar matahari

Meskipun kita bisa mengoleskan krim tabir surya sebelum beraktifitas di bawah sinar matahari, namun bagi orang berusia 40 tahun lebih dianjurkan untuk mengurangi aktifitas atau kegiatan tersebut apabila memungkinkan.

Tabir surya tidak menjamin 100% dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet, oleh sebab itu langkah pencegahan masih lebih baik dibanding mengambil solusi lain.

3. Hentikan kebiasaan merokok

Semakin usia kita bertambah maka semakin terasa pula efek asap rokok pada kulit, oleh sebab itu hentikan kebiasaan ini sedini mungkin agar tidak menimbulkan kerusakan kulit ke depannya.

Dilansir Mayo Clinic, asap rokok dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah akan mengalami gangguan serius. Kondisi ini bukan hanya berdampak buruk bagi kulit namun juga pada organ tubuh lainnya.

4. Tetap terhidrasi

Selalu pastikan kita tidak mengalami kekurangan cairan yang berakibat pada masalah dehidrasi. Saat seseorang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi maka metabolisme tubuhnya menurun drastis.

Metabolisme yang tidak berfungsi dengan wajar dapat menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit dan gangguan kesehatan lainnya, begitu pula yang terjadi pada kulit. Organ ini dapat dipastikan mengalami penurunan kadar kelembaban alaminya dan jika tidak segera diatasi maka keriput akan lebih sulit dikurangi.

5. Tidur cukup

Saat seseorang sedang beristirahat maka kulit akan memperbaharui jaringannya dan melakukan proses regenerasi kulit, namun bila kita tidak mendapat istirahat yang cukup maka cepat atau lambat kita akan bermasalah dengan kerusakan kulit.

6. Mengkonsumsi buah dan sayuran

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya, kita bisa memulai hari dengan sayuran atau buah kesukaan kita. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi akan lemak dan kalori.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat maka tubuh dan organ kulit akan menerima asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkannya.

7. Gunakan pelembab

Semakin tua usia kita maka kadar kelembaban alami pada organ ini akan menyusut, untuk menanggulangi masalah ini kita bisa mengoleskan produk pelembab yang banyak dijual di toko kecantikan.

Tags: ,



Back to Top ↑