Tips Perawatan Kulit Untuk Melawan Tanda Penuaan

tips perawatan kulitPerawatan anti aging tidak hanya dilakukan setelah kerutan mulai tampak, namun harus dilakukan sedini mungkin untuk mencegah atau memperlambat datangnya tanda tersebut.

Ada langkah sederhana yang bila dilakukan dengan benar dan teratur dapat mencegah munculnya tanda penuaan. Berikut ini merupakan empat tips perawatan kulit untuk melawan tanda penuaan seperti dikutip dari beberapa jurnal kecantikan.

Secara garis besar, perawatan anti aging meliputi empat hal berikut ini:

  • Pengelupasan kulit
  • Penggunaan krim tabir surya
  • Penggunaan krim mata
  • Melakukan pola hidup sehat

Penjelasan lebih lengkap tentang point-point di atas bisa anda baca di bawah ini.

1. Pengelupasan kulit

Pengelupasan kulit atau yang biasa juga disebut dengan eksfoliasi merupakan salah satu metode umum yang digunakan untuk mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kusam.

Jika metode ini dilakukan secara rutin dan mengikuti aturan dan anjuran para ahli, maka kulit akan selalu cerah, bebas keriput dan lembut.

Akan tetapi bila metode di atas dilakukan seenaknya sendiri tanpa mengikuti aturan dan saran ahli, maka resiko yang mungkin diterima adalah kulit kering.

Idealnya, pengelupasan kulit hanya boleh dilakukan maksimal satu kali seminggu, lebih dari itu dapat memicu efek buruk untuk kulit itu sendiri.

2. Penggunaan tabir surya

Metode ini hanya salah satu contoh dari sekian banyak metode yang dipakai untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Oleh sebab sangat disarankan untuk menggabungkan beberapa metode lain agar kulit benar-benar terlindungi.

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan kain, topi lebar dan kacamata. Perangkat tersebut terbukti efektif dalam menghalangi sorotan sinar matahari langsung ke kulit.

3. Penggunaan krim mata

Karena kulit yang berada di sekitar mata jauh lebih sensitif dibanding kulit yang ada di bagian lainnya, maka perlu ada produk khusus yang akan digunakan untuk melembabkan area ini.

Krim mata adalah salah satu solusinya, krim ini biasanya sudah dilengkapi dengan tabir surya, antioksidan dan berbagai vitamin penting lainnya.

4. Pola hidup sehat

Kulit merupakan bagian tubuh yang juga membutuhkan nutrisi, mineral dan vitamin untuk menunjang kesehatannya. Bila tidak mendapat asupan yang cukup, maka lambat namun pasti akan mulai terjadi kerusakan.

Kerusakan bisa berbentuk hilangnya kelenturan kulit sehingga mulai muncul keriput. Untuk itu seseorang harus memperhatikan makanan yang ia konsumsi.

Mengkonsumsi makanan tinggi vitamin, nutrisi dan mineral dapat membantu kulit tetap tampil lebih muda.

Selain dengan mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi, anda juga dianjurkan untuk menjalankan pola hidup sehat seperti berolahraga, meninggalkan kebiasaan merokok, begadang dan kebiasaan buruk lainnya.

Jika semua tips perawatan kulit untuk melawan tanda penuaan di atas dijalankan dengan benar, maka kerutan dan garis halus bisa dicegah sedini mungkin.

tags: