Tips perawatan kulit pria

Tips perawatan kulit priaJika artikel sebelumnya selalu membahas tentang perawatan yang diperlukan oleh wanita, maka kali ini kami akan mengulas tentang beberapa tips merawat kulit untuk pria.

Secara garis besar, tidak ada yang berbeda dengan perawatan yang dilakukan oleh kaum hawa. Namun karena tekstur dan kelembutannya berebeda maka ada beberapa hal yang membedakan.

Berikut adalah beberapa tips perawatan kulit pria atau laki-laki seperti dikutip dari beberapa sumber ahli.

Menghindari masalah saat bercukur

Banyak masalah kulit pada pria bermula dari sini, penggunaan pisau cukur yang tidak bersih dan jarang diganti menyebabkan sering terjadi infeksi kulit. Akibatnya kulit akan mengalami iritasi dan peradangan dan bukan tidak mungkin berlanjut ke masalah yang lebih serius.

Selain penggunaan pisau cukur yang kurang bersih, cara bercukur pun cenderung dilakukan asal-asalan sehingga sering terjadi goresan pada permukaan kulit.

Untuk mencegah hal tersebut, para ahli menganjurkan agar kita mengoleskan krim cukur yang sebelumnya telah dibasahi dengan air hangat. Oleskan krim tersebut ke arah berlawanan dari pertumbuhan rambut.

Setelah selesai jalankan pisau cukur searah dengan arah pertumbuhan rambut. Kita juga perlu mengetahui krim cukur yang kita butuhkan seperti apa. Untuk wajah berjerawat atau rentan terhadap jerawat maka gunakanlah krim cukur yang mengandung senyawa benzoil peroksida.

Senyawa tersebut berguna untuk membasmi seluruh bakteri dan kuman sehingga bukan hanya wajah yang bebas rambut namun juga bebas bakteri berbahaya.

Pengelupasan

Untuk menghindari terjadinya penyumbatan pada pori-pori dan terganggunya proses regenerasi kulit, maka biasakanlah untuk melakukan proses pengelupasan kulit mati maksimal tiga kali seminggu.

Gunakan scrub wajah yang mudah ditemukan di toko kecantikan, atau kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti beberapa artikel yang pernah kami tulis sebelumnya.

Silahkan lihat di sini jika anda lebih memilih cara tradisional [Baca: Cara membuat deep cleanser untuk mengangkat kulit mati].

Menggunakan Sunscreen

Inilah salah satu hal yang paling sering dilewatkan oleh pria, kebanyakan dari mereka malas atau bahkan tidak berniat sama sekali menggunakan Sunscreen.

Penggunaan tabir surya atau Sunscreen tidak bisa ditawar-tawar lagi jika anda termasuk orang yang lebih sering beraktifitas di bawah terik sinar matahari. Hal ini untuk menghindari bahaya kanker dan kerusakan kulit permanen.

Paparan radiasi sinar ultraviolet diketahui dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit, terlebih jika kita memiliki kulit kering atau sensitif.

Menurut American Academy of Family Physicians, tabir surya yang paling baik untuk pria adalah produk tabir surya yang memiliki tingkat SPF 15 ke atas.

Hindari pula berada di bawah sengatan sinar matahari di waktu 10:00-16:00, di waktu tersebut radiasi yang dipancarkan oleh matahari lebih kuat sehingga memungkinkan seseorang terkena kanker kulit.

tags: ,