Tips Perawatan Kulit Dari Dr. Piasecki

Perawatan Kulit Dari Dr. PiaseckiPerlu diketahui bahwa Dr. Justin Piasecki merupakan seorang dokter bedah plastik paling terkenal di dunia, ia juga termasuk salah satu dokter spesialis kanker kulit yang memahami dengan betul seluk-beluk tentang kulit.

Dalam sebuah wawancara di sebuah majalah baru-baru ini, Dr. Justin Piasecki memberika beberapa tips perawatan kulit yang sebaiknya dilakukan baik oleh pria maupun wanita.

Berikut ini merupakan beberapa tips perawatan kulit dari Dr. Justin Piasecki seperti yang telah kami kutip dari sebuah wawancara dalam sebuah majalah.

Apa saja metode perawatan yang harus dilakukan di musim panas?

Hal pertama yang wajib diketahui oleh orang adalah benar-benar mengerti keadaan kulit masing-masing dan tahu apa yang dibutuhkan oleh kulit tersebut. Salah satunya adalah perlindungan seacra menyeluruh dari sengatan sinar matahari.

Di musim panas matahari bisa sangat terik dan membakar kulit, oleh sebab itu selain menggunakan tabir surya, juga disarankan untuk tidak beraktifitas di luar ruangan saat pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Hal tersebut dilakukan jika memang memungkinkan, namun bila tuntutan pekerjaan mengharuskan seseorang berada di bawah terik matahari maka gunakan tabir surya secara menyeluruh agar kulit benar-benar mendapat perlindungan, gunakan pula baju lengan panjang dan topi.

Kenapa efek sinar matahari berbeda antara pria dan wanita?

Kulit seorang wanita cenderung lebih tipis dibanding pria, oleh sebab itu efek yang akan diterima oleh wanita akan melebihi kerusakan yang dialami oleh pria meskipun sama-sama menerima paparan sinar matahari dalam waktu tertentu.

Hal ini sudah sepatutnya disadari oleh wanita dan tidak bermain-main dengan sinar matahari, gunakan tabir surya yang memiliki tingkat SPF minimal 15 supaya terhindar dari kerusakan tersebut.

Bila ditelusuri lebih jauh maka wanita lebih sering bermasalah dengan penuaan dini dibanding pria, dan salah satu pemicu penuaan dini pada wanita adalah paparan sinar matahari.

Kesalahan seperti apa yang sering dilakukan wanita saat melakukan perawatan kulit?

Terlalu keras dan terlalu sering adalah kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh kaum hawa ketika melakukan perawatan pada kulit. Seperti dijelaskan di atas bahwa kulit wanita sangat tipis dan mudah terkelupas, untuk itu hindari menggosok permukaan kulit dengan handuk ataupun kain dengan keras.

Kulit juga mudah teriritasi bila kehilangan kelembabannya, dan terlalu sering menggunakan pembersih wajah dapat menyebabkan itu semua. Untuk itu gunakan pembersih wajah maksimal dua kalis sehari. Satu lagi kesalahan yang juga biasa dilakukan wanita yaitu mengangkat sel kulit mati secara berlebihan.

Intensitas yang disarankan oleh pakar kulit untuk melakukan teknik perawatan ini adalah 1 kali dalam dua minggu untuk kulit normal. Lebih dari itu maka bersiap-siaplah menghadapi kulit yang lebih kering, bersisik dan kusam.

Produk seperti apa yang sebaiknya digunakan untuk musim panas?

Produk yang dianjurkan untuk digunakan meliputi:

  1. Pelembab yang juga memiliki tingkat SPF minimal 15
  2. Krim malam yang mengandung retinol atau vitamin A, C, D serta E

Produk itulah yang sebenarnya dibutuhkan di musim atau dalam suhu panas, tidak perlu menggunakan banyak produk karena hanya membuang biaya dan waktu sedangkan hasilnya akan tetap sama.

tags: ,