Tips Merawat Perhiasan Logam

Tips Merawat Perhiasan LogamPerhiasan sangat identik dengan kaum hawa, mereka tidak akan pernah melupakan yang satu ini. Beberapa diantaranya bahkan rela mengeluarkan ratusan juta rupiah demi membeli sebuah perhiasan.

Perhiasan tertentu memang menambah daya tarik tersendiri jika dikenakan oleh wanita, atas alasan inilah mereka rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Perhiasan bisa terbuat dari intan, permata atau logam mulia. Semuanya tentu memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, tergantung dari bahan dasar pembuatannya.

Kali ini kami akan fokus pada langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan perhiasan dari logam, kenapa hanya fokus pada perhiasan jenis ini? Karena jenis inilah yang paling banyak dimiliki wanita, untuk jenis lainnya akan dijelaskan pada kesempatan mendatang.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat perhiasan logam seperti dikutip dari sebuah jurnal.

1. Perawatan harian

Ini adalah langkah sederhana yang dilakukan setiap hari, tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. Kita hanya butuh sekitar 3 sampai 4 menti saja.

Caranya bersihkan bagian inti perhiasan tersebut dengan kain yang tidak berserat, kain ini digunakan untuk menghindari terjadinya goresan pada logam tersebut. Setelah bagian inti selesai dibersihkan, terpakan pada bagaian lainnya.

Kita juga bisa mencucinya dengan air saat mandi, lalu keringkan dengan kain lembut tidak berserat. Langkah ini harus dilakukan setiap hari dan secara teratur agar perhiasan yang kita miliki tetap berkilau dan terlihat seperti baru.

2. Perawatan bulanan

Rendamlah perhiasan logam dalam sebuah gayung yang berisi cairan pH seimbang, gunakan sikat lembut untuk menggosoknya. Jangan terlalu lama saat merendamnya dan jangan pula terlalu keras saat menggosoknya.

Apakah cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis perhiasan logam? Pada dasarnya iya, langkah ini bisa diaplikasikan pada semua jenis perhiasan logam. Namun anting-anting dan kalung adalah dua jenis perhiasan yang harus dibersihkan dengan cara ini setiap bulannya.

Kalung dan anting-anting biasanya terkena lotion, krim atau produk kosmetik yang setiap hari digunakan oleh wanita. Bila tidak dibersihkan secara teratur maka sisa lotion atau krim tersebut dapat mengotori keduanya.

3. Penyimpanan

Perawatan bukan hanya terfokus pada bagaimana kita membersihkannya, namun juga meliputi cara penyimpanan yang tepat. Menyimpan perhiasan pada tempat tertutup setelah melepasnya bukan ide baik.

Letakkan terlebih dahulu di tempat terbuka agar sisa keringat yang menempel pada perhiasan tersebut dapat diserap oleh kertas atau kain. Keringat yang menempel pada logam dapat berubah menjadi noda jika tidak dibersihkan atau dikeringkan terlebih dulu.

Adapun tempat penyimpanan yang paling dianjurkan untuk menampung perhiasan logam adalah tempat yang kedap udara dan mampu menyerap kelembaban di sekitarnya.

Tempat penyimpanan ini biasanya dijual terpisah dan bisa didapat di toko perhiasan dan aksesoris di sekitar tempat tinggal anda.