Tips Menyembuhkan Kerusakan Kulit Akibat Merokok

Tips Menyembuhkan Kerusakan Kulit Akibat MerokokMerokok bukan saja dapat mengganggu kinerja dan kesehatan organ jantung serta paru-paru, kulit pun akan mengalami kerusakan parah bila kebiasaan ini tidak segera dihentikan.

Kerusakan yang sering muncul akibat merokok meliputi garis halus di sekitar mata, warna kulit menjadi keabu-abuan, kelenturan kulit yang mulai menyusut dan berbagai tanda penuaan lainnya.

University of Montana melansir bahwa asap rokok dapat mempengaruhi elastin dan kolagen sehingga perokok sangat beresiko tinggi terhadap penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya.

Untuk anda yang memiliki kebiasaan ini, sedikitnya terdapat enam langkah yang harus dilakukan untuk mencegah kerusakan kulit tersebut. Berikut ini adalah lima tips menyembuhkan kerusakan kulit akibat merokok seperti dikutip oleh Webmd.

Hentikan kebiasaan merokok

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan menghentikan atau paling tidak mengurangi kebiasaan merokok, kebiasaan ini bukan hanya buruk untuk kesehatan organ dalam dan saluran pernafasan, namun juga berimbas pada kesehatan dan kecantikan kulit.

Nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan vasokonstriktor, suatu zat yang dapat menghambat aliran darah ke organ penting seseorang. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk dapat menjaga kelenturan, kekencangan dan regenerasi kulit.

Konsumsi vitamin A dan C

Vitamin A berperan untuk memastikan proses regenerasi berjalan normal dan tidak mengalami gangguan, proses regenerasi ini penting untuk menjaga kulit tetap mudah dan kencang dengan menghilangkan lapisan kulit yang telah mati atau rusak.

Sedangkan vitamin C berperan dalam menghambat atau menangkal radikal bebas yang berasal dari luar baik dari sinar matahari maupun pencemaran lingkungan sekitar.

Kita tahu bahwa radikal bebas dapat memicu munculnya tanda penuaan di kulit, dan salah satu langkah ampuh untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi sayur atau buah yang memiliki sifat antioksidan.

Lakukan perawatan kulit secara teratur dan benar

Kulit membutuhkan perawatan secara teratur, organ ini perlu dibersihkan secara berkala, dilindungi dari paparan sinar matahari dan dibersihkan dari lapisan sel kulit mati yang menutupi lapisan sel kulit baru.

Untuk melakukannya cukup gunakan pelembab, krim tabir surya dan deep cleanser. Pastikan produk perawatan tersebut memang dirancang untuk jenis kulit masing-masing.

Oleskan krim yang megnandung vitamin A atau C

Jika kerusakan kulit tidak dapat terhindarkan maka gunakan krim yang mengandung vitamin A ataupun C untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Sedangkan untuk mengurangi tanda penuaan yang sudah muncul, silahkan gunakan krim yang mengandung asam alpha-hydroxy.

Terkadang ada beberapa jenis krim yang mengandung ketiga bahan penting di atas, cobalah untuk menggunakan krim jenis ini agar lebih efisien dan efektif.

Konsultasikan dengan dokter

Tanyakan pada ahlinya, itulah sepenggal pepatah lama yang sampai sekarang masih berlaku. Dokter kulit adalah orang yang memiliki pengetahuan lebih terkait masalah yang sedang kita hadapi. Untuk itu tidak ada salahnya berkonsultasi dengan mereka sebelum menjalankan perawatan tertentu.

tags: