Tips Menjalankan Diet Paleo

Tips Menjalankan Diet PaleoDiet rendah lemak ini sering digunakan untuk menurunkan berat badan dan juga untuk menjaga berat badan agar tetap stabil.

Metode ini beranggapan bahwa pola makan di zaman paleolitik dapat membuat manusia hidup lebih sehat karena di zaman itu manusia belum mengenal adanya zat pengawet, makanan olahan atau minuman bersoda.

Paleo merupakan salah satu metode yang cukup populer dan pesertanya terdiri dari kalangan seleb, pejabat atau masyarakat biasa.

Namun karena peraturan di dalamnya cukup rumit dan cenderung sulit untuk dijalankan, maka metode ini tidak lebih berkembang dibanding metode diet lain seperti atkins, ketogenik dan lain-lainnya.

Meski demikian bukan berarti kita tidak dapat melakukannya, bila dipahami secara perlahan dan diikuti dengan benar maka peraturan yang sebelumnya terlihat sulit akan terasa mudah.

Artikel ini tidak akan menjelaskan peraturan dasar diet paleo karena tema tersebut telah kami bahas dalam artikel sebelumnya, silahkan lihat di sini untuk membacanya kembali [Baca: Peraturan dasar diet paleo].

Setelah mengetahui dan memahami peraturan dasar diet paleo, kini saatnya mengupas tuntas semua tips dan anjuran para ahli yang perlu dilakukan saat menjalankan paleo, tujuannya jelas, agar diet yang kita lakukan lebih efektif dan berlangsung cepat.

Berikut adalah beberapa tips menjalankan diet paleo seperti dilansir oleh berbagai sumber.

Perhatikan menu makan secara seksama

Sebelum mulai menjalankan paleo, para penggiat metode ini menganjurkan pesertanya untuk membuat daftar menu makan dalam tujuh hari ke depan agar lebih terencana dan semakin mudah menjalankannya.

Namun perlu diperhatikan, hanya makanan yang diperbolehkan saja yang bisa dikonsumsi, oleh sebab itu pastikan menu makan tersebut tidak memasukkan jenis makanan yang dilarang.

Coba perhatikan lagi secara seksama menu makan tersebut, apakah mengandung kedelai, beras, roti, bergula, terbuat dari produk susu, makanan olahan atau mengandung lemak? Bila ternyata jawabannya ‘Iya’ maka makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi dan harus diganti dengan makanan yang diperbolehkan dalam paleo.

Persediaan makanan

Ini penting diperhatikan karena banyak ahli menemukan fakta bahwa salah satu faktor penyebab gagalnya diet seseorang diakibatkan oleh tidak tersedianya jenis makanan yang diperbolehkan.

Untuk itu pelajari jenis makanan seperti apa yang dibolehkan dalam paleo lalu masukkan ke dalam daftar. Pergi ke toko makanan lalu membelinya. Pastikan anda memiliki persediaan makanan untuk tiga hari atau satu minggu kedepan.

Jangan simpan makanan yang dilarang

Selain menyimpan bahan makanan untuk satu minggu kedepan, kita juga harus benar-benar memperhatikan makanan apa yang tidak diperbolehkan dalam paleo.

Setelah mengetahuinya, singkirkan semua jenis makanan tersebut dari lemari pendingin. Jangan pernah menyimpannya karena jika tidak maka godaan untuk memakannya akan tetap ada dan berpotensi menggagalkan diet yang sedang dijalankan.

tags: