Tips Menghilangkan Ketombe Dengan Cuka

Tips Menghilangkan KetombeKetombe merupakan salah satu gangguan pada kulit kepala yang ditandai dengan rasa gatal dan pengelupasan kulit secara tidak wajar. Sebenarnya pengelupasan ini tidak hanya terjadi di kulit kepala saja namun bisa ditemukan pada kulit di bagian tubuh lainnya.

Hingga saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang menunjukkan adanya oabt tertentu yang diketahui mampu mengatasi masalah ketombe 100%. Yang bisa dilakukan adalah mengendalikannya dengan menggunakan berbagai metode termasuk menggunakan bahan alami seperti cuka sari apel misalnya.

Kembali perlu digaris bawahi bahwa cara ini hanya bersifat sementara, namun jika sari apel digunakan secara teratur maka niscaya masalah tersebut dapat dikendalikan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa langkah dan tips menghilangkan ketombe dengan cuka sari apel seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Langkah pertama

Masukkan air hangat secukupnya ke dalam mangkuk kemudian campurkan tiga atau empat sendok makan cuka sari apel ke dalamnya.

Langkah kedua

Masuk ke kamar mandi lalu tuangkan campuran air hangat dan cuka sari apel tersebut ke seluruh bagian kepala kemudian tunggi selama lima menit. Sambil menunggu, lakukan pemijatan secara lembut pada kulit kepala sampai rambut benar-benar kering.

Langkah ketiga

Bilas kulit kepala dengan air bersih dan gunakan sampo untuk menghilangkan sem,ua kotoran dan debu yang mungkin menempel. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan kembali selama dua menit agar kandungan sampo dapat masuk ke kulit kepala.

Bilas sampai bersih dengan air kemudian biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Jangan gunakan hair dryer atau pengering rambut lainnya karena justru dapat merusak rambut.

Cukup mudah dan sederhana bukan? Seluruh tahapan di atas harus dilakukan setiap hari agar ketombe bisa dengan mudah dikendalikan. Tips ini hanya salah satu dari sekian banyak tips yang bisa kita jalankan, untuk metode lain anda bisa membacanya di halaman berikut [Baca: Semua tentang ketombe dan cara mengatasinya].

Penting untuk diketahui bahwa ketombe mirip dengan dengan gangguan kesehatan lainnya, artinya memiliki kaitan kuat dengan makanan tertentu yang biasa kita makan setiap hari.

Semakin banyak vitamin, mineral dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh maka semakin mudah pula kita mencegah sekaligus mengendalikan gangguan tersebut.

Namun sebaliknya, jika yang kita konsumsi setiap hari tidak memenuhi kriteria makanan sehat maka gangguan kesehatan dan kerusakan pada rambut tidak dapat dielakkan.

Jadi pastikan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, tentunya sambil menjalankan tips di atas.

tags: