Tips Menghentikan Ketombe

Tips Menghentikan KetombePengelupasan kulit kepala tidak terkendali dan kadang disertai rasa gatal dan panas pada kulit kepala biasa dinamakan dengan ketombe. Kondisi tidaklah wajar karena meskipun pengelupasan kulit pada awalnya proses alami.

Hingga saat ini ketombe tidak atau belum ditemukan obatnya, oleh sebab itu ketombe dapat datang kapan saja meskipun seseorang telah menggunakan produk yang diklaim dapat menghilangkan ketombe.

Yang bisa kita lakukan sebenarnya adalah mencoba untuk menghentikan dan mengendalikan masalah tersebut, untuk melakukannya banyak cara yang bisa dicoba, salah satunya dengan menggunakan sampo anti ketombe.

Penggunaan sampo anti ketombe harus dikombinasikan dengan perawatan rambut yang tepat, sehingga hasil atau manfaat sampo tersebut dapat benar-benar dirasakan.

Untuk mengetahui bagaimana cara menghentikan gangguan ketombe, berikut adalah empat langkah atau tips menghentikan ketombe.

Pilih sampo anti ketombe

Pertama kali pilihlah sampo anti ketombe yang benar, jangan sampai terjadi kesalahan di tahap ini karena akibatnya bisa fatal. Selain tidak menghasilkan apa-apa, penggunaan produk yang salah dapat memperparah kerusakan.

Umumnya sampo jenis ini mengandung selenium sulfida dan zinc pyrithione, namun karena kedua jenis senyawa tersebut dapat menimbulkan efek samping maka penggunaannya harus dengan hati-hati.

Silahkan baca di sini untuk mengetahui efek samping apa saja yang mungkin didapat dari beberapa jenis sampo anti ketombe [Baca: Lima efek samping sampo anti ketombe yang mungkin dialami oleh sebagian pengguna].

Gunakan sampo secara teratur

Setelah kita menemukan sampo anti ketombe yang benar-benar tepat, kini saatnya menggunakan sampo tersebut secara teratur. Cucilah rambut anda menggunakan sampo ini sebanyak dua hari sekali.

Kenapa harus teratur? Karena seperti telah dijelaskan di awal tulisan ini bahwa hal yang bisa dilakukan oleh kita hanyalah berusaha menghentikan masalah ini.

Kita belum dapat menghilangkan secara utuh karena masalah tersebut akan datang kembali. Untuk itu diperlukan penggunaan sampo anti ketombe secara teratur agar masalah tersebut dapat dikendalikan dan dicegah.

Dengan menggunakan sampo secara teratur maka minyak berlebih dan kuman serta bakteri yang berada di kulit kepala dapat dihilangkan. Minyak berlebih serta bakteri ini diduga kuat oleh para ahli sebagai salah satu pemicu ketombe.

Ganti produk perawatan rambut anda

Mungkin selama ini kita telah menggunakan berbagai merk produk untuk merawat rambut, salah satu contohnya adalah pewarna rambut. Ketombe juga sering disebabkan oleh penggunaan produk yang tidak tepat sehingga kulit kepala akan teriritasi.

Untuk itu cobalah untuk menguji kembali produk perawatan rambut yang biasa anda gunakan, jika tidak menimbulkan iritasi dan masalah ketombe maka silahkan lanjutkan penggunaannya, namun jika diduga kuat dapat menyebabkan salah satunya maka lebih baik singkirkan dan ganti dengan merk lain.

Batasi styling rambut

Berganti gaya rambut memang tidak menjadi suatu masalah, namun yang berbahaya adalah jika untuk mendapatkan gaya rambut baru kita harus mengoleskan krim atau menggunakan pengering rambut.

tags: