Tips Menggunakan Minyak Pohon Teh Untuk Menghilangkan Jerawat

Menggunakan Minyak Pohon Teh Untuk Menghilangkan JerawatMinyak pohon teh berasal dari penyulingan daun teh, salah satu manfaat minyak ini adalah untuk menghilangkan jerawat. Mungkin kita sedikit bingung dengan pengobatan yang dilakukan dengan minyak, karena bukankah salah satu penyebab jerawat adalah produksi minyak berlebih?

Jika minyak pohon teh diaplikasikan pada wajah bukankah justru memperparah keadaan? Ternyata tidak, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Maryland Medical Center menunjukkan bahwa minyak ini memiliki fungsi sama dengan benzoil peroksida.

Benzoil peroksida sendiri merupakan senyawa yang dianggap para ahli dan pakar kulit sebagai salah satu senyawa paling ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Bedanya, minyak pohon teh hanya memiliki efek samping jauh lebih sedikit dibandingkan dengan benzoil peroksida.

Minyak ini murni bersumber dari alam dan tidak mengandung zat-zat berbahaya, namun karena pada sebagian kecil kelompok ditemukan efek samping, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah minyak ini bisa diterapkan pada kulit kita atau tidak.

Jika dokter mempersilahkan kita untuk menggunakannya, maka silahkan ikuti beberapa langkah mudah di bawah ini. Berikut adalah cara menggunakan minyak pohon teh untuk menghilangkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Tahap pertama

Pertama tentu saja kita harus memiliki minyak ini, jika belum, silahkan kunjungi toko obat herbal atau apotik untuk mendapatkannya, harga yang ditawarkan relatif murah.

Setelah siap, kita lakukan test pada kulit terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah kulit kita sensitif terhadap minyak ini atau tidak. Basahi kapas dengan minyak pohon teh lalu oleskan ke punggung tangan, tunggu selama 1 atau dua jam. Jika kulit tidak menunjukkan reaksi berlebih seperti iritasi, gatal-gatal dan lainnya, maka silahkan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Namun jika dalam kurun waktu dua jam ditemukan reaksi pada kulit seperti gatal-gatal, iritasi dan peradangan maka hentikan sampai di sini, jangan lanjutkan ke tahap berikutnya.

Tahap kedua

Ambil pemberih lembut dan cocok dengan jenis kulit masing-masing, cuci wajah atau bagian lain yang berjerawat dengan pembersih tersebut dengan produk pembersih yang kita miliki.

Tahap keempat

Masukkan putih telur ke dalam mangkuk lalu campurkan satu sendok teh minyak pohon teh ke dalamnya, aduk sampai rata lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Khusus untuk langkah ini harus dilakukan maksimal seminggu sekali.

Tahap kelima

Selain digunakan dalam pembuatan masker, minyak ini pun harus digunakan untuk membasuh wajah. Caranya masukkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam air secukupnya lalu gunakan untuk membasih wajah. Langkah ini harus dilakukan maksimal satu kali sehari.

Sangat mudah bukan? Bila masih ada yang belum dimengerti, silahkan hubungi kami dan ajukan pertanyaan terkait masalah ini.

tags: