Tips Mengatasi Kulit Kering

tips mengatasi kulit keringMusim dingin dan tiupan angin kencang merupakan sebagian kecil pemicu kulit kering, masih banyak hal lainnya yang ditengarai dapat mengurangi kadar kelembaban alami kulit.

Sebelumnya, kami telah menjelaskan secara detail tentang hal apa saja yang dapat menjadi pemicu hilangnya kelembaban kulit, salah satunya bisa anda baca kembali di sini (Baca: Tujuh penyebab utama kulit kering).

Lalu apa yang bisa kita lakukan bila masalah tersebut sudah terjadi? Tidak perlu panik karena banyak hal mudah untuk menanggulangi persoalan tersebut sekaligus bisa difungsikan sebagai langkah pencegahan.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi kulit kering seperti kami kutip dari berbagai macam sumber.

Oleskan krim tabir surya

Krim tabir surya dengan tingkat SPF di atas 15 terbukti ampuh dalam menahan radikal bebas yang dipancarkan oleh sinar matahari. Seperti diketahui bersama bahwa radikal bebas dapat merusak kulit.

Kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh paparan sinar matahari meliputi munculnya bercak hitam atau merah, terkikisnya kelembaban kulit, tanda penuaan dini bahkan kanker kulit.

Untuk menghindari bahaya-bahaya di atas salah satunya adalah dengan menggunakan tabir surya, selain tentu saja dengan menggunakan topi dan kain pelindung.

Pastikan anda memilih produk tabir surya yang tepat agar mampu mencegah dan mengatasi kulit kering, silahkan baca panduannya di halaman berikut (Baca: Tips memilih krim tabir surya).

Gunakan pelembab

Ketika kadar kelembaban alami kulit menurun karena berbagai faktor, maka solusi tepat untuk mengembalikan kelembaban tersebut adalah dengan mengoleskan krim pelembab.

Berhati-hatilah saat memilih dan menggunakan produk pelembab, pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan sesuaikan dengan jenis kulit.

Silahkan baca tipsnya di sini (Baca: Rekomendasi para ahli saat memilih produk pelembab).

Basuh wajah dengan benar

Kesalahan terbesar sebagian besar orang adalah membasuh muka dengan menggunakan pembersih wajah yang terbilang keras. Selain itu, menggosok terlalu keras dianggap para ahli bisa mengurangi kelembaban kulit.

Oleh sebab itu pastikan untuk selalu menggunakan produk pembersih wajah lembut dan tentunya cocok untuk jenis kulit masing-masing.

Hindari pula menggosok wajah terlalu keras, karena selain dapat memicu kulit kering, hal ini juga dapat memicu peradangan dan iritasi kulit.

Perbanyak minum air putih

Jika anda termasuk salah satu orang yang tidak terlalu memperhatikan asupan air perharinya, maka cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut. Kekurangan cairan bukan hanya dapat menyebabkan kulit kering, namun juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Minum air putih sebanyak 7 sampai 8 gelas perhari dianjurkan oleh para ahli.

Tips mengatasi kulit kering di atas terbilang sederhana, namun jika diikuti dan dilakukan dengan benar maka niscaya kita akan terhindar dari persoalan kulit yang satu ini.

tags: