Tips mengatasi kulit hitam akibat jerawat

kulit hitam akibat jerawatMeskipun jerawat dapat disembuhkan, bukan berarti semua persoalan dapat hilang begitu saja. Masalah yang kemudian timbul biasanya warna kulit menjadi gelap di bagian yang sebelumnya ditumbuhi jerawat.

Perbedaan warna pada bagian ini dengan area lain pada wajah tentu sangat mengganggu dan cukup memalukan, meskipun demikian kita tidak perlu merasa rendah diri di hadapan orang lain karena masih ada peluang untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan mengikuti beberapa tips di halaman ini, kita bisa mengatasi semua gangguan yang ditimbulkan setelah jerawat berhasil disingkirkan. Kita masih akan menggunakan bahan alami dan menghindari penggunaan senyawa atau bahan sintesis.

Berikut ini adalah tips mengatasi kulit hitam akibat jerawat seperti dirangkum dari beberapa jurnal kecantikan kulit.

1. Menggunakan jus lemon

Seperti telah dinyatakan oleh beberapa ahli bahwa jeruk lemon memiliki kandungan yang berfungsi untuk mengembalikan tingkat kecerahan warna kulit sekaligus melenyapkan warna kehitaman pada bagian tertentu.

Yang kita butuhkan memang buah atau sayur yang berfungsi sebagai pemutih wajah, inilah alasannya kenapa memilih jeruk lemon sebagai medianya.

Untuk memulainya peras jeruk lemon tersebut dan teteskan pada kapas atau kain lembut yang sudah kita siapkan. Setelah kapas atau kain tersebut telah basah oleh cairan jeruk lemon, kita oleskan secara perlahan ke bagian yang berwarna gelap.

Jangan pernah menggosoknya karena dapat menimbulkan iritasi, lakukan secara perlahan dan lembut sampai semua bagian tersebut tertutupi oleh cairan jeruk lemon.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Cara ini harus dilakukan setidaknya dua kali sehari yakni pada pagi dan sore atau malam hari sebelum tidur.

Dalam beberapa minggu kedepan warna gelap tersebut semakin memudar dan dapat dihilangkan sepenuhnya.

2. Masker yogurt dan madu

Seperti halnya jeruk lemon, madu dan yogurt mengandung zat yang dapat memutihkan secara alami. Ini diketahui oleh para ilmuan setelah dilakukan berbagai macam penelitian dan study.

Cukup campurkan satu sendok makan madu dengan yogurt secukupnya kemudian haluskan kedua bahan tersebut. Tunggu beberapa saat kemudian terapkan pada bagian yang sedang bermasalah.

Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut. Jika cara ini kita jalankan secara teratur maka dalam waktu singkat warna gelap tersebut dapat sepenuhnya kita hilangkan.

3. Mengoleskan minyak lavender

Minyak lavender berguna untuk membersihkan sisa kulit mati dan noda akibat jerawat. Minyak ini juga berguna untuk memicu proses peremajaan kulit yang lebih cepat lagi agar kulit berwarna gelap dapat digantikan oleh kulit baru yang lebih cerah.

Cukup oleskan minyak lavender ke kulit lalu diamkan selama beberapa menit, bilas sampai bersih dengan air bersih.

Jika semua tips tersebut kita lakukan secara rutin maka semua gangguan yang ditimbulkan setelah hilangnya jerawat dapat kita atasi dengan mudah.

tags: