Tips mengatasi hormon jerawat

hormon jerawatJerawat memang disebabkan karena adanya penumpukan sel kulit mati dan minyak dalam pori-pori, namun penyebab utama dari keduanya sebenarnya lebih banyak dipicu karena ketidakstabilan hormon.

Terkait dengan ini, kita pernah mengulasnya dengan gamblang beberapa minggu yang lalu, silahkan baca artikel ini untuk mengetahui info selengkapnya [Baca: 9 penyebab jerawat].

Jika ditelisik lebih jauh lagi, lonjakan hormon biasa terjadi saat seorang wanita mengalami datang bulan, maka dari itu tidak mengherankan jika banyak wanita yang mengalami masalah jerawat saat datang bulan atau berada pada periode tersebut.

Untuk mengatasi persolan ketidakstabilan hormon tersebut, kita bisa melakukan beberapa tips yang akan kita bahas bersama di sini.

Berikut adalah 6 tips mengatasi hormon jerawat yang biasa menyerang kaum hawa dan terjadi di saat periode datang bulan.

1. Bersihkan wajah dua kali sehari

Gunakan pembersih wajah yang lembut dan aman untuk kulit, penggunaan pembersih di sini ditujukan untuk mengangkat semua kulit mati dan minyak yang bertumpuk dan menyumbat pori-pori.

Kita bisa mendapatkan produk pembersih di toko atau mini market terdekat, selain pembersih komersial, kita juga bisa menggunakan cara tradisional untuk melakukan pengangkatan sel kulit mati tersebut.

Silahkan ikuti langkah-langkah yang pernah dijelaskan pada halaman berikut ini [Baca: cara membuat scrub wajah].

2. Oleskan cream anti jerawat dua kali sehari

Ini hanya kita lakukan saat menjelang periode terjadinya ketidakstabilan hormon, pilihlah cream yang mengandung asam salisilat dan benoil peroksida yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih dan menyingkirkan bakteri yang memicu munculnya jerawat.

Sebelum membeli dan menggunakan cream tersebut, ada baiknya kita baca terlebih dahulu beberapa tips yang berkaitan dengannya di halaman ini [Baca: Tips membeli cream anti jerawat].

3. Gunakan retinoid topikal

Senyawa ini digunakan untuk mengurangi peradangan yang mungkin disebabkan oleh jerawat, tidak dijual bebas namun kita bisa mendapatkannya langsung dari dokter.

4. Gunakan antiandrogenic

Anti androgenic yang biasa diberikan oleh dokter meliputi flutamide dan spironolactone, keduanya diyakini mampu menurunkan kadar androgen pada kaum hawa.

Jika kadar androgen dapat ditekan sedemikian rupa maka kita tubuh hanya memproduksi minyak dalam jumlah yang normal.

5. Coba Accutane

Obat ini hanya boleh digunakan jika hormon tubuh sudah tidak dapat lagi dikontrol dengan cara biasa, untuk mendapatkan obat tersebut kita harus mengunjungi dokter.

Hanya dokter yang berwenang memberikan obat ini, karena termasuk obat keras maka hindari penggunaan yang tidak mengikuti apa yang telah ditunjukkan oleh dokter.

Lima langkah di atas hanya sebagai langkah pencegahan terhadap munculnya jerawat yang disebabkan karena hormon tidak stabil, seperti kita tahu bahwa pemicu dari permasalahan ini beragam.

Oleh sebab itulah kita tidak hanya harus menjalankan tips di halaman ini, namun juga tips-tips lain yang pernah ditulis. Silahkan buka kembali halaman lainnya untuk mengetahui detail informasi yang berkaitan dengan persoalan klasik tersebut.

tags: