Tips Mencegah Tanda Penuaan Pada Remaja

Mencegah Tanda Penuaan Pada RemajaKetika usia menginjak 20 tahun, biasanya gangguan dan kerusakan kulit akan mulai muncul. Kondisi ini disebabkan karena pola makan, gaya hidup dan penggunaan produk perawatan kulit yang cenderung dilakukan secara tidak tepat.

Contoh kerusakan kulit yang paling sering dialami oleh remaja adalah penuaan dini, jerawat dan komedo. Ketiganya memang tidak bisa dilepaskan dari ketiga hal yang telah di jelaskan pada paragraf pertama dia atas.

Bila gangguan tersebut gagal di atasi maka mungkin dapat meninggalkan bekas permanen yang dapat mengganggu kehidupan sosialnya. Untuk itu diperlukan perawatan tepat dan perubahan gaya hidup serta pola makan untuk mencegah sekaligus mengatasi persoalan tersebut bila memang sudah terlanjur mengenai kita.

Berikut adalah beberapa tips mencegah tanda penuaan pada remaja yang bisa kita ikuti dan coba di rumah.

Tahap pertama

Kenakan tabir surya, ini adalah hal terpenting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari tanda penuaan. Tanda penuaan bisa diakibatkan oleh sinar matahari yang mengenai kulit dan merusak jaringan serta lapisan sel kulit.

Tanda pertama yang sering ditemukan ketika kulit terkena radikal bebas ini adalah kulit akan terbakar, terdapat flek hitam dan bercak merah. Ini semua adalah tanda penuaan yang bila tidak segera diatasi dapat menimbulkan tanda lainnya.

Tahap kedua

Lindungi tubuh dengan kain, topi juga kacamata. Kenapa ini diperlukan padahal kita telah menggunakan tabir surya? Seperti kita ketahui bahwa tabir surya hanya dapat bertahan sekitar 2 sampai 3 jam saja, selain itu radikal bebas bukan hanya disebabkan oleh sinar matahari namun juga polusi udara yang hanya bisa dicegah dengan menutupi tubuh dengan kain panjang dan juga topi atau penutup kepala.

Ingat, mencegah akan lebih baik dibanding mengobati. Jadi sebelum menyesal maka gunakanlah kain panjang dan lebar untuk melindungi tubuh dari paparan sinar matahari maupun pencemaran lingkungan.

Hentikan kebiasaan merokok

Inilah kesalahan umum pada remaja baik putra maupun putri, di usia 20 tahun mereka umumnya akan mencoba berbagai hal baru. Sayangnya hal baru yang bersifat negatif seperti merokok juga tidak lepas dari mereka.

Merokok bisa menyebabkan kerusakan jaringan kulit dan menyebabkan munculnya tanda penuaan. Selain itu kebiasaan ini juga diketahui dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Kurangi minuman bersoda

Minuman bersoda dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan, ketika tubuh mengalami kondisi seperti ini maka kulit akan kehilangan kelembabannya dan mengalami kekeringan.

Konsumsi banyak buah dan sayur

Untuk menjaga kesegaran kulit dan menghilangkan kerutan dibutuhkan vitamin E dan A yang berguna untuk meningkatkan produksi kolagen. Vitamin tersebut bisa kita dapatkan dari buah dan sayuran, oleh sebab itu konsumsilah buah dan sayur secara teratur agar tanda penuaan bisa kita hilangkan dan dicegah sedini mungkin.

Gunakan pelembab

Pelembab sangat penting peranannya dalam menjaga kulit tetap sehat, kencang dan halus. Gunakan selalu pelembab yang cocok untuk jenis kulit masing-masing.

tags: