Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Kombinasi

Pelembab Untuk Kulit KombinasiMemilih pelembab untuk kulit kombinasi bisa sangat sulit dibanding memilih pelembab untuk jenis kulit lainnya, hal ini disebabkan karena pada kulit kombinasi biasanya terdapat dua bagian yang berbeda. Pada dagu, hidung dan dahi biasanya cenderung berminyak, sedangkan untuk area lainnya justru lebih kering.

Ketika seseorang memiliki jenis kulit seperti ini maka ia rentan terhadap dua masalah, pertama adalah dengan jerawat dan kedua adalah dengan pengelupasan kulit tidak merata atau pecah-pecah.

Terlepas dari itu semua, kulit tetap membutuhkan pelembab meski untuk kulit berminyak sekalipun, silahkan baca di halaman ini kenapa kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab [Baca: Alasan kenapa kulit berminyak tetap butuh pelembab], pastikan untuk membaca keterangan pada paragraph ketiga di halaman tersebut.

Persoalannya sekarang adalah bagaimana kita menemukan dan memilih produk pelembab yang tepat untuk jenis kulit seperti ini? Karena jika salah memilih maka justru dapat menambah masalah pada kulit, untuk mengetahui jawabannya, silahkan baca keterangan di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih pelembab untuk kulit kombinasi seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Mengandung vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, radikal bebas dan kerusakan yang diakibatkan oleh faktor luar maupun dalam. Jadi apapun jenis kulit kita, pastikan untuk selalu memilih produk pelembab yang mengandung vitamin E.

Jangan lupa pula bahwa vitamin E juga berguna untuk melawan tanda penuaan, mengencangkan kulit sekaligus melembabkannya.

2. Mengandung minyak jojoba

Agar pelembab yang digunakan mampu menyeimbangkan kulit antara dua bagian yang berbeda, maka pelembab tersebut harus mengandung minyak jojoba. Perlu diketahui bahwa minyak jojoba merupakan salah satu minyak esensial yang paling mirip dengan sebum atau minyak yang dihasilkan oleh tubuh.

Minyak ini cepat diserap oleh kulit, memberikan kelembaban, menjaga kelenturan kulit tanpa harus membuat kulit terlihat mengkilap karena minyak.

Pada jaringan sel, minyak jojoba berperan dalam menjaga dan melindungi kulit serta memicu meningkatnya produksi kolagen.

3. Terdiri dari lidah buaya

Lidah buaya bisa bekerja di dua bagian berbeda, pada bagian berminyak, lidah buaya berperan penting dalam menjaga keseimbangan pH kulit dengan. Sedangkan pada bagian kulit yang kering, lidah buaya bertindak sebagai hidrator yang terus menerus memberikan kelembaban dan sekaligus menjaganya.

Lidah buaya juga dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat dalam mengatasi masalah akibat paparan sinar matahari dan meredakan iritasi. Oleh sebab itu pilihlah pelembab berbasis lidah buaya untuk mendapatkan seluruh manfaat tersebut.

Ketiga bahan di atas harus ada dalam produk pelembab yang akan digunakan untuk melembabkan kulit kombinasi, masih ada beberapa tips memilih pelembab untuk kulit kombinasi lainnya seperti menggunakan pelembab yang mengandung asam hyaluronic yang merupakan bagian dari zat pelembab alami.

tags: