Tips Makeup Untuk Semua Jenis Kulit

tips makeup untuk semua jenis kulitJenis kulit yang berbeda menjadi salah satu faktor penentu bagaimana seharusnya anda merawat kulit, inilah alasannya kenapa jenis makeup yang dibutuhkan antar tiap orang berbeda-beda.

Produk makeup yang dimaksud meliputi foundation, krim wajah, lipstik, BB cream dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kenali terlebih dahulu apa jenis kulit anda, baru kemudian perhatikan beberapa tips makeup di bawah ini.

Berikut adalah beberapa tips makeup untuk semua jenis kulit seperti dilansir dari beberapa sumber.

Untuk kulit sensitif

Dalam memilih sebuah produk perawatan kulit atau makeup, bahan dasar dari pembuatan suatu produk menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan oleh tiap orang yang memiliki kulit sensitif.

Hal ini karena kulit sensitif rentan terhadap alergi dan iritasi yang ditimbulkan oleh beberapa zat kimia yang biasa ditemukan dalam produk kosmetik atau perawatan kulit.

Pewangi buatan, zat pengawet, sulfat dan paraben adalah contoh kecil dari sekian banyak zat kimia yang wajib dihindari oleh kulit sensitif.

Pilihlah jenis makeup yang paling sedikit mengandung bahan kimia untuk menghindari alergi atau iritasi yang mungkin ditimbulkannya.

Bahan apa saja yang perlu dihindari oleh kulit sensitif? Silahkan lihat daftarnya di halaman berikut >>> Empat zat berbahaya bagi kulit sensitif.

Pastikan pula anda menghindari semua hal-hal berbahaya yang pernah kami ulas di sini >>> 8 hal yang wajib dihindari oleh kulit sensitif.

Untuk kulit kering

Tipe kulit ini memiliki kadar kelembaban alami yang berada di bawah standar, oleh sebab itu pilihlah makeup yang mampu memberikan kelembaban atau setidaknya tidak membuat kulit menjadi lebih kering lagi.

Banyak produk kecantikan yang memiliki kriteria ini, jadi tinggal bagaimana cara anda mengenali produk mana yang sebaiknya dihindari dan mana yang baik untuk jenis kulit kering.

Kulit berminyak

Berbeda dengan kulit sensitif dan kering, kulit berminyak lebih membutuhkan keseimbangan. Oleh sebab itu dianjurkan untuk memilih kosmetik berbentuk bedak atau bubuk.

Anjuran ini bukan tanpa alasan, bubuk atau bedak dianggap lebih baik dalam menyerap kelebihan minyak dari permukaan wajah.

Kulit kombinasi

Ini adalah tipe kulit dari gabungan antara kulit kering dan berminyak. Bagian dahi dan hidung cenderung berminyak sedangkan bagian lain seperti pipi lebih kering.

Sama halnya dengan kulit berminyak, kulit kombinasi membutuhkan keseimbangan tepat agar makeup yang digunakan bisa meningkatkan penampilan seseorang dan bukannya membuat wajah terlihat buruk.

Adapun produk yang dibutuhkan untuk tipe ini adalah semua jenis foundation berbentuk bubuk. Hindari penggunaan makeup atau produk perawatan kulit yang dapat mengeringkan atau justru memicu produksi minyak berlebih.

Mudahnya, carilah produk kosmetik berbasis air. Ini juga berlaku untuk semua jenis produk perawatan yang akan dipergunakan setiap harinya.

Kesimpulan

Tidak sulit sebenarnya memilih jenis makeup yang dibutuhkan jika kita sudah terlebih dahulu mengetahui jenis kulit yang kita miliki.

Tips makeup untuk semua jenis kulit di atas memang lebih didasarkan pada pemilihan produk makeup, alasannya karena pemilihan yang tepat memberikan hasil memuaskan.

Untuk tips lainnya bisa anda baca di artikel lain yang sudah kami publikasikan dalam rubrik tips makeup.

tags: