Tips Kecantikan: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur

harus dilakukan sebelum tidurBanyak dari kita yang hanya melakukan berbagai ‘ritual kecantikan’ di pagi atau siang hari. Padahal melakukan berbagai perawatan di malam hari atau sebelum tidur juga tidak kalah penting untuk menjaga kulit dan rambut tetap cantik keesokan harinya.

Lalu hal apa saja yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur? Berikut kami telah merangkumnya untuk anda. Di bawah ini merupakan enam hal yang harus dilakukan sebelum tidur agar kulit dan rambut tetap terawat.

Bersihkan semua makeup dari wajah

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum tidur adalah membersihkan wajah dari semua jenis makeup dan kosmetik, hal ini banyak tidak dilakukan oleh wanita sehingga lambat laun kulit akan mengalami kerusakan.

Tidur masih menggunakan makeup atau kosmetik membuat kulit sulit untuk bernafas, kebiasaan ini juga dapat menyumbat pori-pori kulit sehingga berpotensi tinggi terhadap munculnya tanda penuaan dan masalah jerawat.

Pastikan untuk selalu membersihkan wajah dengan menggunakan pembersih ringan untuk memastikan pori-pori dalam keadaan bersih.

Gunakan masker anti jerawat

Untuk kulit berminyak atau orang yang sering bermasalah dengan gangguan jerawat, Diane De Fiori, MD menyarankan untuk menggunakan masker anti jerawat sebelum tidur.

Masker baru dibersihkan keesokan harinya, untuk jenis masker dan cara pembuatannya bisa anda baca kembali di rubrik yang khusus membahas resep pembuatan masker wajah.

Gunakan krim tangan

Aktifitas yang kita lakukan seharian penuh membuat kulit kehilangan kelembabannya, anggota badan yang paling sering bermasalah dengan kondisi ini adalah tangan dan kaki.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk memberikan kelembaban tambahan pada kedua bagian tubuh tersebut. Oleskan krim tangan pada tangan dan kaki agar keesokan hari tanda kerusakan bisa segera teratasi.

Tidak harus menggunakan krim tangan sebenarnya, segala jenis pelembab juga bisa digunakan asal cocok dengan jenis kulit masing-masing.

Gunakan kain satin sebagai sarung bantal

Sarung bantal yang terbuat dari bahan katun dapat merusak kutikula rambut, oleh sebab itu banyak ahli kecantikan merekomendasikan untuk menggunakan sarung bantal yang terbuat dari satin atau sutra.

Selain itu sarung bantal juga harus diganti setiap dua hari sekali untuk memastikan tidak ada bakteri atau kuman yang berkembang di atasnya.

Hindarkan rambut dari wajah

Debu dan minyak yang menempel pada rambut bisa menyebabkan masalah jerawat, untuk itu usahakan agar rambut tidak menyentuh wajah saat tidur. Gunakan pin untuk mengikat bagian rambut yang berada di kedua sisi wajah, jangan terlalu kuat saat menggunakannya karena bisa mengakibatkan berkurangnya kekuatan akar rambut.

Point ini lebih diperuntukkan bagi orang yang mudah terkena jerawat atau memang sedang bermasalah dengannya.

Tidur delapan jam sehari

Kekurangan tidur dapat menyebabkan munculnya lingkar hitam di bawah mata, kondisi ini diakibatkan oleh sirkulasi darah yang terganggu akibat kurang tidur.

Dengan menjalankan enam tips kecantikan di atas, diharapkan keesokan harinya kulit ataupun rambut akan lebih baik dan yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan kecantikan keduanya.

tags: ,