Tips Diet Sehat : Turunkan Berat Badan 5Kg Dalam Seminggu

Diet sehat dan cepat lebih dititik beratkan pada pemilihan jenis makanan dan porsi yang bisa dikonsumsi setiap harinya.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa diet bukan berarti anda harus mengurangi atau bahkan berpuasa berhari-hari demi menurunkan berat badan.

Anda tetap harus makan, namun hanya makanan bervitamin dan bergizi tinggi sajalah yang diperbolehkan.

Jenis makanan tersebut telah ditetapkan oleh beberapa pakar gizi yang bisa kita temukan di media online ataupun buku-buku, tentunya dengan porsi yang sudah dibatasi dengan berbagai pertimbangan mereka.

Menurunkan berat badan 5Kg dalam seminggu bukanlah hal mudah, namun bukan pula hal mustahil jika anda melakukan diet sehat dengan benar.

Apabila anda menjalankan dan mematuhi 10 tips diet sehat di bawah ini dengan tekun, maka berat badan akan turun 5Kg hanya dalam kurun waktu 7 hari atau satu minggu.

Mengatur rencana

rencana diet

Segala sesuatu membutuhkan perencanaan yang matang agar apa yang dicita-citakan bisa segera terwujud. Begitu pula dengan diet, semakin matang rencana yang anda buat maka semakin cepat pula hasil yang didapat.

Meski begitu, berhati-hatilah dalam menyusun rencana diet sehat, karena jika salah dalam merencanakannya maka kemungkinan besar akan gagal di tengah jalan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat merencanakan diet sehat untuk menurunkan berat badan, berikut beberapa diantaranya:

  • Buat sesederhana mungkin:
    Anda tidak perlu menghitung jumlah kalori dan gula pada setiap makanan, ini hanya akan menyusahkan diri-sendiri. Fokuskan saja pada makanan sehat yang anda sukai seperti buah penuh warna dan sayuran segar.
  • Lakukan secara bertahap:
    Jangan paksa tubuh untuk beradaptasi secara cepat dengan hal atau kebiasaan baru, mulailah secara perlahan namun konsisten, ini akan jauh lebih mudah dilakukan.
  • Jangan berfikir sempurna:
    Jangan pernah berfikir anda harus menghentikan kebiasaan ini itu, cukup lakukan satu demi satu. Pada akhirnya anda akan melewati semua tanpa merasa terbebani.

Sertakan olahraga dan minum banyak air dalam program diet sehat anda

Air berguna untuk membantu organ pencernaan bekerja dengan baik, selain itu dapat pula mendorong racun dari dalam tubuh untuk keluar melalui kelenjar keringat dan saluran pembuangan, efek baiknya adalah metabolisme tubuh akan meningkat sehingga proses pembakaran lemak akan semakin maksimal.

Sedangkan olahraga berguna untuk menjaga tubuh tetap bugar, ini sangat dibutuhkan saat anda sedang berusaha menurunkan berat badan.

Makan secukupnya

makan secukupnya

Tidak kekurangan ataupun tidak berlebihan saat makan, ini adalah kunci utama suksesnya diet anda. Sebagian besar orang justru terjebak antara memenuhi isi perut mereka dengan buah dan sayur sampai kekenyangan atau tidak mengkonsumsi apa pun hingga kelaparan.

Semua itu merupakan cara yang kurang bijak dan justru menimbulkan masalah kedepannya. Tujuan inti dari diet adalah menjaga keseimbangan, jadi tips diet sehat dan cepat kedua adalah pastikan anda merasa kenyang setelah makan tanpa harus kekenyangan.

Makanan yang dikonsumsi tentunya harus memenuhi standar baku yang sudah ditetapkan para ahli, untuk detail lengkapnya bisa anda baca di point-point selanjutnya.

Terkait hal ini, ada beberapa trik diet sehat yang baik untuk diikuti:

  • Kurangi porsi makan: Ingat, mengurangi porsi makan bukan berarti anda harus kelaparan. Yang dimaksud di sini adalah gunakan selalu piring kecil agar tidak makan secara berlebihan.
  • Jangan memantang makanan: Makanan gorengan dan cepat saji memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam metode diet apa pun, namun bukan berarti anda harus menanamkan ke dalam pikiran bahwa itu adalah makanan yang tidak boleh dikonsumsi.
    Ini hanya akan membebani diri anda terlebih jika anda sebelumnya gemar mengkonsumsi makanan tersebut. Solusi terbaiknya adalah anda hanya perlu mengurangi intensitas dalam memakannya, jika sebelumnya mengkonsumsi makanan gorengan tiap hari, maka sekarang usahakan untuk mengkonsumsinya hanya setiap minggu sekali, lalu berubah menjadi sebulan sekali dan seterusnya.
    Ini akan lebih mudah dijalankan dibanding harus melakukannya tanpa bertahap.

Jalankan cara dan pola makan diet sehat

pola makan sehat

Sebagian besar orang hanya memfokuskan diri pada makanan apa yang baiknya dikonsumsi dan makanan yang seharusnya ditinggalkan, tetapi mereka lupa bagaimana cara mengkonsumsi makanan yang benar agar diet yang sedang dijalankan lebih maksimal lagi.

Terkait hal ini, ada beberapa cara mengkonsumsi makanan yang dianjurkan oleh pakar diet:

  • Hindari makan pada malam hari:
    Study baru-baru ini menunjukkan bahwa jarak terbaik antara makan malam dan sarapan pagi hari adalah 14 – 16 jam, silahkan anda atur jadwal makan malam anda sehingga rentang waktu antara makan malam dan sarapan pagi berkisar antara 14 sampai 16 jam.
  • Biasakan untuk sarapan:
    Jangan pernah melewatkan sarapan, mengkonsumsi sedikit makanan sehat di pagi hari adpat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses penurunan berat badan akan semakin cepat.
  • Makan di tempatnya:
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan sambil menonton televisi atau melakukan aktfitas lainnya cenderung menghabiskan makanan dalam porsi besar.
  • Kunyah secara perlahan:
    Terburu-buru saat makan bukan hanya dapat mengganggu organ pencernaan, namun juga menghambat datangnya sinyal kenyang yang dikirimkan oleh perut ke otak.

Konsumsi buah dan sayur kaya warna

buah dan sayur

Buah dan sayur penuh warna termasuk makanan diet sehat untuk menurunkan berat badan yang harus dikonsumsi setiap harinya. Jenis makanan ini pula yang nantinya menggantikan makanan tidak sehat yang sebelumnya biasa dikonsumsi.

Makanan tersebut dipilih karena tinggi mineral, antioksidan, vitamin dan serat namun rendah kalori.

Kenapa harus buah dan sayuran berwarna? Karena semakin cerah warna pada buah dan sayur makan itu menandakan konsentrasi vitamin dan nutrisi yang begitu tinggi.

Nah, seperti dijanjikan di atas bahwa anda akan menemukan makanan apa saja yang baik untuk di konsumsi, maka inilah beberapa contoh sayur dan buah yang disarankan oleh pakar gizi dan diet sehat:

  • Sayuran manis: Sayuran manis dapat mengurangi kegemaran anda dalam mengkonsumsi permen tinggi kalori, sayuran yang masuk dalam kelompok ini meliputi wortel, ubi jalar, jagung dan labu.
  • Sayuran hijau: Sayuran berwarna hijau tinggi akan kalsium, zinc, zat besi, vitamin A, C, E, K, magnesium dan kalium. Sayuran yang termasuk dalam golongan ini yaitu brokoli, kubis, sawi dan selada hijau.
  • Buah-buahan segar: Buah memilliki banyak nutrisi dan vitamin seperti antioksidan, serat, vitamin C dan lain-lainnya. Masuk pada golongan ini yaitu jeruk, mangga, apel, buah berri dan lain sebagainya.

Bisakah diganti dengan suplemen?

Sayuran dan buah-buahan segar memiliki sifat antioksidan tinggi dan kaya akan vitamin dan nutrisi penting, namun akhir-akhir ini kita menjumpai banyak sekali suplemen yang beredar di pasaran.

Pertanyaannya adalah bisakah suplemen itu digunakan untuk menggantikan fungsi buah dan sayur? Jawabnya adalah tidak.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa kandungan nutrisi dan vitamin dalam suplemen tidak sama dengan apa yang dikandung dalam buah dan sayur.

Oleh sebab itu, suplemen hanya bisa dijadikan sebagai pelengkap dan bukan untuk menggantikan buah serta sayur-mayur.

Konsumsi biji-bijian

biji-bijian

Tubuh membutuhkan karbohidrat kaya serat namun harus dari sumber karbohidrat yang sehat dan menyehatkan. Adapun sumber karbohidrat yang sehat dan tinggi serat adalah biji-bijian seperti gandum.

Para ahli bahkan menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi gandum sebagai sumber karbohidrat cenderung memiliki kondisi jantung yang lebih sehat dibanding lainnya.

Apa itu karbohidrat sehat dan karbohidrat tidak sehat?

Karbohidrat sehat adalah karbohidrat yang dicerna tubuh dalam waktu lama sehingga gula darah akan tetap stabil dan anda akan merasa kenyang lebih lama. Adapun sumber karbohidrat sehat meliputi sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian.

Sedangkan karbohidrat tidak sehat adalah jenis karbohidrat yang dicerna tubuh dengan cepat sehingga kadar gula cenderung tidak stabil dan anda akan lebih cepat merasakan lapar. Termasuk dalam karbohidrat tidak sehat yaitu nasi putih dan tepung putih.

Tips mengkonsumsi karbohidrat sehat

  • Jika anda membeli di toko makanan, pastikan makanan tersebut memiliki label 100% gandum.
  • Ganti nasi putih dengan beras merah atau gandum.
  • Jika terlalu sulit menggantikan nasi putih dengan gandum atau beras merah, cobalah untuk mencampurkan gandum atau beras merah ke dalam nasi putih sedikit demi sedikit sampai anda bisa menggantikan seluruh nasi putih dengan sumber karbohidrat sehat tersebut.

Hindari makanan yang terbuat dari gandum olahan seperti roti dan lain sebagainya.

Ganti lemak tidak sehat dengan lemak sehat

lemak sehat

Tidak semua lemak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan berat badan. Perlu diketahui sebelumnya bahwa lemak terdiri dari dua kelompok yakni lemak sehat dan lemak tidak sehat.

Lemak sehat dibutuhkan tubuh untuk menyehatkan organ jantung, otak, rambut, kuku dan kulit.

Ini yang harus anda masukkan ke dalam menu makan

  • Lemak tak jenuh ganda: Lemak sehat ini banyak ditemukan dalam ikan salmon, teri, sarden, jagung, kenari, kedelai dan biji bunga matahari.
  • Lemak tak jenuh tunggal: Lemak ini banyak ditemukan dalam kacang-kacangan, buah alpukat, minyak zaitun, biji wijen dan biji labu.

Lemak yang harus anda hindari saat diet

  • Lemak trans: Lemak ini banyak terdapat dalam margarin, makanan ringan, kerupuk, gorengan dan makanan olahan.
  • Lemak jenuh: Jenis lemak yang banyak ditemukan dalam hewan ternak seperti dalam daging merah dan produk susu.

Cukupi kebutuhan protein

diet sehat protein

Protein berguna untuk menjaga sel, jaringan dan organ tubuh tetap sehat. Hal ini penting agar berat badan dapat diturunkan secepat mungkin.

Namun anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi protein dalam jumlah terlalu banyak karena dapat mengganggu fungsi ginjal.

Berapa banyak protein yang dibutuhkan setiap harinya?

Karena terlalu banyak mengkonsumsi protein dapat merusak organ ginjal, menyebabkan stroke, diabtes tipe 2, kegemukan dan osteoporosis, maka kita harus mengetahui dengan seberapa banyak protein yang harus dikonsumsi setiap harinya.

Untuk menentukan berapa ukuran yang tepat, maka anda harus mengetahui berapa Kg berat tubuh anda lalu kalikan dengan 0.8 gram protein.

Contohnya: jika berat badan anda 50Kg maka bila dikalikan dengan 0.8 hasilnya adalah 40. Itu artinya anda membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya.

Penuhi kebutuhan kalsium

sumber kalsium

Tubuh membutuhkan kalsium agar tetap kuat dan sehat, nutrisi ini bukan hanya berguna untuk menjaga kekuatan tulang namun memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu tubuh dalam menurunkan berat badan dan lain-lainnya.

Adapun porsi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya berkisar antara 1000mg sampai 1200mg setiap harinya.

Sumber kalsium terbaik

  • Sayuran hijau: Sayuran berwarna hijau termasuk sebagai sumber kalsium terbaik yang bisa dikonsumsi manusia. Sayuran ini meliputi sawi, lobak, selada, brokoli, kubis, kacang hijau, seledri dan jamur.
  • Produk susu: Keju, yogurt dan beberapa produk susu lainnya merupakan sumber kalsium yang mudah diserap oleh tubuh.
  • Kacang: kacang merah, kacang polong, kacang panggang, kacang hitam adalah beberapa contoh makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber alternatif kalsium.

Batasi konsumsi garam dan gula

gula garam

Makanan yang mengandung banyak gula dan garam diketahui dapat meningkatkan berat badan anda, bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badannya maka makanan seperti ini seharusnya dibatasi.

Ada cara mudah untuk membatasi keduanya yakni dengan fokus mengkonsumsi buah dan sayur serta menghindari makanan cepat saji, gorengan dan minuman bersoda.

Perbanyak serat

sumber serat

Dengan mengkonsumsi makanan kaya serat maka berat badan akan lebih cepat diturunkan, dan bila tips nomor 10 ini dikombinasikan dengan semua langkah diet sehat di atas maka berat badan dapat diturunkan sebanyak 5Kg di minggu pertama.

Selain dapat menurunkan berat badan, serat juga memiliki banyak manfaat lain seperti mencegah diabetes, stroke dan penyakit jantung.

Bagaimana cara serat dalam menurunkan berat badan?

Ketika serat masuk ke dalam perut, maka anda akan merasakan kenyang lebih lama. Ini artinya anda tidak perlu mengkonsumsi banyak makanan untuk mendapatkan rasa kenyang tersebut dan tentunya tidak cepat lapar.

Selain itu, makanan kaya serat dapat membantu tubuh untuk mempercepat proses pemindahan dan pembakaran lemak karena organ pencernaan akan berfungsi dengan sangat baik.

Diet sehat untuk golongan darah tertentu

Bagi pembaca yang memiliki golongan darah tertentu seperti O maupun B dianjurkan untuk membaca artikel kami sebelumnya yang secara spesifik menjelaskan tentang pemilihan makanan saat diet.

Bagi yang memiliki golongan darah O, silahkan baca panduan diet sehat golongan darah o di sini http://www.sukawera.com/daftar-makanan-dalam-diet-golongan-darah-o/.

Sedangkan anda yang bergolongan darah B, silahkan ikuti tips diet sehat golongan darah b di http://www.sukawera.com/makanan-dalam-diet-golongan-darah-b/.

Itulah kesepuluh tips diet sehat yang dapat menurunkan berat badan anda sebesar 5Kg hanya dalam waktu satu minggu. Silahkan baca kembali dari atas dan pahami lalu kemudian jalankan dengan benar dan konsisten.

tags: