Tips dan Cara Menggunakan Eyeshadow

cara menggunakan eyeshadowEyeshadow merupakan salah satu jenis makeup mata yang berfungsi untuk menonjolkan keindahan mata, namun bila penggunaannya dilakukan secara serampangan maka bukan tidak mungkin mata menjadi terlalu gelap, tidak merata dan lain sebagainya.

Untuk itu pengguna wajib mengetahui berbagai tips dan cara menggunakan eyeshadow dengan baik dan benar agar hasil yang didapat tidak mengecewakan.

Berikut adalah beberapa tips dan cara menggunakan eyeshadow agar mata terlihat lebih menarik seperti dilansir dari beberapa sumber.

1. Bersihkan kelopak mata

Kelopak mata merupakan bagian yang akan diolesi eyeshadow, kebanyakan masalah yang dihadapi wanita adalah cepat lunturnya eyeshadow tersebut.

Kondisi ini lebih disebabkan karena bagian kelopak mata cenderung berminyak, untuk itu diperlukan foundation khusus untuk kelopak mata yang dapat mempertahankan eyeshadow lebih lama.

Hindari penggunaan foundation atau alas bedak umum, karena selain dapat membahayakan kelopak mata, hasilnya juga tidak akan terlalu bagus.

2. Pilih warna murni

Tentu anda tidak ingin eyeshadow yang digunakan menjadi terlalu gelap atau terang bukan? Jika benar, maka pilih dan gunakan warna netral yang sesuai dengan warna dasar kelopak mata.

Pastikan pula kuas yang digunakan dalam keadaan kering agar hasilnya bisa terlihat lebih natural. Namun jika anda ingin agar warna eyeshadow lebih terlihat, maka silahkan basahi kuas tersebut.

Terlepas dari aturan di atas, anda juga bebas memilih warna yang disukai, namun sejumlah penata rias memberikan beberapa tips dalam pemilihan warna seperti yang bisa anda lihat di bawah ini:

  • Untuk mata biru disarankan agar menggunakan warna biru, coklat muda atau perunggu
  • Sedangkan untuk mata berwarna hijau lebih dianjurkan memilih eyeshadow berwarna hijau gelap
  • Untuk warna mata coklat atau hitam bisa menggunakan warna apapun, namun sesuaikan dengan acara atau event yang akan dihadiri

Perlu diketahui bahwa pemilihan warna yang tepat berguna untuk lebih menonjolkan bagian mata sehingga akan terlihat lebih menarik.

3. Sorot tulang alis

Untuk menonjolkan bagian tulang alis, anda bisa menggunakan warna muda. Gunakan kuas kecil saat menerapkannya sehingga hasilnya akan lebih rapi.

Jika langkah ini dilakukan dengan benar maka penampilan di area mata akan terlihat lebih cerah dan menawan.

4. Berikan bayangan gelap di luar mata

Untuk memberikan bayangan gelap di luar mata bisa menggunakan eyeshadow dengan warna gelap, kenapa begitu penting? Karena langkah ini berguna untuk mencegah mata terlihat lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

Namun bagi anda yang memang terlahir dengan ukuran mata kecil, cobalah beberapa tips makeup  yang pernah kami ulas beberapa hari yang lalu (Baca: Lima langkah mudah membuat mata terlihat lebih besar).

Silahkan ikuti tips dan cara menggunakan eyeshadow di atas, jangan lupa untuk bermain dengan lebih banyak warna dan bandingkan hasilnya.

tags: