Tips Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau

Tips Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau – Salah satu tanda rambut sehat adalah mampu memantulkan kembali sinar yang datang kepadanya, pantulan cahaya tersebut membuat rambut terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan rambut sehat seperti ini diperlukan langkah dan perawatan yang benar, penggunaan produk yang tepat serta pola makan yang baik. Untuk detail selengkapnya bisa anda baca di halaman ini tips dari Dokter Era.

Mendapatkan Rambut Berkilau

Berikut adalah Tips Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau seperti dilansir oleh berbagai sumber.

1. Gunakan Kondisioner

Pilih kondisioner yang benar-benar cocok untuk jenis rambut masing-masing lalu gunakan secara teratur setiap tiga hari sekali. Untuk cara penggunaa bisa mengikuti langkah berikut ini. Setelah rambut dalam keadaan basah kini tuangkan sedikit kondisioner ke telapak tangan, oleskan perlahan-lahan ke rambut dimulai dari bagian bawah dan terus menuju atas. Setelah semuanya selesai, diamkan selama satu sampai dua menit baru kemudian bilas dengan air.

2. Gunakan Serum Rambut

Serum ini berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi cahaya yang datang ke rambut, jika cara pemakaiannya mengikuti aturan yang berlaku maka rambut akan lebih berkilau dan mampu memantulkan cahaya. Produk ini bisa didapat di toko kecantikan terdekat dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk cara penggunaannya sama dengan cara menggunakan kondisioner di atas, silahkan lihat lagi point pertama.

3. Gunakan Air Dingin

Air dingin tidak terlalu banyak mengikis kelembaban pada rambut dan kulit, berbeda halnya dengan air hangat yang lebih cepat menghilangkan kelembaban alami rambut. Bila kelemababan rambut berkurang maka batang rambut tidak akan mampu mengikat cahaya dan memantulkannya.

4. Jangan gunakan hair dryer

Meskipun suhu yang ditetapkan saat menggunakan hair dryer tidak terlalu tinggi, namun tetap saja suhu panas tersebut dapat merusak batang rambut dan mengeringkannya. Rambut kering tidak akan mampu memantulkan cahaya dengan baik bahkan justru cenderung terlihat lebih kusam dan tidak bercahaya.

5. Konsumsi makanan bergizi

Tips Membuat Rambut Hitam selanjutnya adalah dengan menggunakan Vitamin yang dibutuhkan oleh rambut agar tampak lebih bersinar adalah vitamin A dan E. Selain itu dibutuhkan pula protein tinggi untuk memastikan rambut tetap dalam keadaan sehat dan jauh dari gangguan kerontokan. Telur, kacang-kacangan, wortel dan buah-buahan lain merupakan sumber penting vitamin A, E dan protein. Pastikan untuk selalu mengkonsumsinya setiap hari.

6. Cegah dehidrasi

Kekurangan cairan berdampak langsung pada kesehatan rambut, untuk itu pastikan selalu agar tubuh tetap menerima asupan cairan yang cukup.

7. Hindari bahan kimia

Rambut adalah anggota tubuh yang sangat rentan terhadap bahan dan senyawa kimia, senyawa ini biasa ditemukan dalam produk Perawatan Rambut. Jika ingin rambut lebih berkilau maka batasi penggunaan produk yang memiliki kandungan kimia, jikapun memang tidak bisa dihindari maka pastikan senyawa tersebut tidak bersifat mengeringkan rambut.

Tips dan Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau Jadi Kuat

Semua wanita pasti menginginkan rambut panjang dan berkilau, untuk mendaptkan keinginan tersebut bisa dengan menggunakan produk perawatan tertentu dengan harga bervariasi. Namun semuanya akan terbuang sia-sia jika tidak ditunjang dengan kesehatan dari dalam, tanpa kesehatan dari dalam maka akan mudah patah, rontok, dan berbagai kerusakan lainnya.

Tips menguatkan rambut

Pelajari bagaimana langkah dan cara mudah untuk menjaga kesehatan dan kekuatannya di bawah ini, lakukan secara rutin dan perlakukan dengan lembut niscaya kekuatan rambut akan kembali kita miliki. Berikut adalah beberapa Cara Membuat Rambut Hitam Berkilau Jadi Kuat seperti dilansir dari beberapa sumber dan pernyataan pakar kecantikan.

1. Gunakan Shampo Ringan

Disamping berfungsi untuk Mengatasi Rambut Rusak Alami. Sampo ringan adalah produk sampo yang tidak mengandung senyawa kimia yang dapat mengurangi kelembabannya, beberapa contoh sampo yang bisa kita gunakan adalah sampo herbal dan sampo bayi. Keduanya tidak mengandung bahan kimia bersifat keras, sedangkan untuk contoh sampo yang dianggap keras adalah sampo ketombe karena terdapat bahan kimia yang digunakan untukj membasmi bakteri, jamur dan kuman. Ini penting diperhatikan karena jika kelembaban kita hilang akibat penggunaan sampo yang tidak tepat maka kesehatan dan kekuatannya akan semakin berkurang hari demi hari.

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner berfungsi untuk melembutkan sekaligus menyejukkan rambut, meskipun begitu kita tidak harus menggunakannya setiap hari. Cukup pergunakan dua kali seminggu dan jangan lebih dari itu. Perlu diingat bahwa hindari penggunaan kondisioner pada kulit kepala karena ini justu akan meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala. Efeknya debu akan mudah menempel dan menimbulkan berbagai macam gangguan lain.

3. Selalu Bilas Dengan Air Dingin

Hindari penggunaan air hangat apalagi air dengan suhu tinggi, hal ini penting demi terjaganya kelembaban alami rambut dan menghindari masalah rambut kering. Bila penggunaan air dingin dilakukan secara teratur amaka akan terlihat perbedaan mendasar diantara keduanya, coba dan buktikan sendiri beberapa minggu kedepan.

4. Hindari pemakaian hair dryer

Penggunaan alat pengering ini lambat laun akan membuat rambut kering, saat kondisi ini terjadi maka rambut akan mudah rontok dan mengalami kerusakan yang mungkin berlanjut pada kebotakan.

5. Lindungi dari suhu panas

Gunakan topi atau pelindung lainnya untuk menjaga dari terik matahari atau suhu lingkungan sekitar yang tinggi. Suhu yang terlalu tinggi bukan hanya dapat merusak rambut namun juga berimbas langsung pada kulit.

6. Gunakan minyak esensial

Lakukan pemijatan secara teratur sedikitnya tiga kali seminggu menjelang tidur, kita bisa menggunakan minyak esensial untuk melakukannya. Minyak zaitun dan lavender adalah salah satu contoh minyak esensial yang bisa kita pergunakan. Dengan melakukan pemijatan kulit kepala secara teratur maka sirkulasi darah akan lancar dan folikel akan menerima nutrisi dan vitamin yang dibutuhkannya.

7. Jangan gunakan ikatan

Aksesoris berupa ikatan rambut dapat mengurangi kekuatan akar rambut sehingga cepat atau lambat masalah kerontokan tidak dapat dihindari. Maka dari itu hindari sebisa mungkin aksesoris seperti ini. Jika semua tips di atas bisa kita jalankan maka niscaya potensi kerusakan akan dapat kita hindari, jangan lupa untuk menjaga makanan yang kita konsumsi setiap harinya karena besar pengaruhnya pada kekuatan dan kesuburannya. (Baca : 7 Masalah Rambut Pria Wanita dan Solusi Alaminya)

Perawatan Rambut Hitam Anda Sebelum Tidur

Mungkin kita sudah terbiasa dengan kondisi rambut yang lebih kusut setelah tidur, hal seperti ini memang sulit untuk dihindari karena tidak ada seorang pun yang mampu mengubah bagaimana kita tidur. Yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai langkah mudah pada rambut tepat sebelum tidur, tujuannya agar rambut tidak terlalu kusut dan berpotensi mengalami kerusakan akibat hal tersebut.

Perawatan Rambut Sebelum Tidur

Berikut ini adalah perawatan rambut sebelum tidur untuk menghindarkan rambut dari segala hal yang berpotensi merusak rambut.

1. Gunakan pelembab rambut

Bukan hanya kulit yang membutuhkan pelembab, rambut juga membutuhkan kadar kelembaban seimbang agar tetap sehat dan berkilau. Pelembab yang tepat bukan hanya membuat rambut lebih bersinar namun juga menjauhkannya dari masalah rambut kering dan kusut.

Oleh sebab itu banyak pakar kecantikan yang merekomendasikan agar selalu mengoleskan produk pelembab rambut sebelum tidur. Kita bisa memperoleh produk pelembab rambut dari toko kecantikan atau dengan membuatnya sendiri, langkahnya cukup mudah dan bahan yang diperlukan pun tergolong mudah didapat.

2. Rapikan sebelum tidur

Untuk mengurangi kekusutan rambut saat bangun tidur nanti, hal yang bisa dilakukan adalah dengan merapikannya. Gunakan sisir bergerigi longgar untuk melakukannya, langkah ini bertujuan untuk mengurangi rambut kusut saat bangun nanti.

3. Usahakan tidur di atas kain satin

Kain satin tergolong lembut sehingga bukan saja dapat mengurangi rambut kusut di keesokan harinya, namun juga mengurangi kerusakan pada permukaan luar rambut akibat gesekan.

Bila anda memilikinya di rumah, silahkan gunakan kain tersebut sebagai alas kepala saat tidur, namun jika tidak, lupakan saja langkah ini.

4. Lepaskan semua aksesoris

Lepaskan semua aksesoris yang mungkin masih anda gunakan seperti penjepit rambut dan lain sebagainya. Langkah ini sebenarnya bukan hanya dianjurkan sebelum tidur saja, namun juga pada saat lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi tekanan dan daya tarik dari aksesoris tersebut yang dapat mengurangi kekuatan akar rambut. Langkah ini juga merupakan langkah pencegahan terhadap kerontokan rambut yang banyak dialami oleh wanita, untuk informasi selengkapnya mengenai hal ini, silahkan baca di halaman berikut dan lihat pada point empat.

Baca Juga :  Manfaat Coklat Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Keempat langkah perawatan rambut sebelum tidur di atas berguna untuk menurunkan kerusakan rambut yang terjadi saat kita tertidur, silahkan lakukan semua tips di atas setiap kali hendak beristirahat agar rambut tetap sehat, bersinar dan mudah diatur.

tags: