Tips Anti Aging – Lima Tahun Lebih Muda Dengan Langkah Berikut

tips anti agingAgar dapat memiliki kulit sehat bebas keriput, kita perlu melembabkan dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Meskipun tidak ada seorang pun yang dapat melawan waktu, namun dengan melakukan berbagai tips anti aging maka keriput dan tanda penuaan lainnya bisa dicegah atau diperlambat kemunculannya.

Dengan begitu anda akan tetap terlihat lebih muda dibanding usia sebenarnya dan tetap dapat tampil semaksimal mungkin. Berikut adalah beberapa tips anti aging yang kami kutip dari berbagai sumber terpercaya.

1. Jaga asupan cairan

Meminum air putih sesuai dengan kebutuhan merupakan kaharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi jika anda tetap ingin memiliki kulit lentur dan kencang.

Cairan yang anda minum memiliki berbagai fungsi seperti menyerap racun dari kulit dan tubuh, menjaga sistem pencernaan dan menurunkan berat badan.

Pastikan anda selalu membawa air dalam botol mineral ketika hendak bepergian agar ketika tubuh membutuhkan cairan, anda bisa dengan segera memenuhinya.

2. Pilih makanan yang baik untuk kulit

Kulit membutuhkan berbagai nutrisi, gizi dan mineral yang umumnya terdapat pada buah dan sayuran. Omega 3, lemak tak jenuh, antioksidan dan lutein adalah sebagian contoh kecil nutrisi yang dibutuhkan kulit.

Omega 3 berguna untuk menjaga kekenyalan kulit, menjaga kekencangannya dan membantu proses regenerasi sel kulit.

Omega 3 bisa didapat dari ikan sarden, ikan salmon, minyak zaitun dan buah alpukat.

Sedangkan lutein berfungsi sebagai pelindung kulit dari semua bahaya yang datang dari luar maupun dari dalam. Adapun makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber utama lutein adalah kuning telur, jagung segar dan sayuran berwarna hijau gelap.

Dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan para ahli menunjukkan bahwa lutein terbukti efektif dalam mengurangi dampak kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah semua jenis kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Sifat ini dan manfaat ini bisa didapat dengan mengkonsumsi brokoli, bayam, kangkung dan tomat secara teratur.

Jangan lupa pula dengan vitamin E, vitamin ini kerap kali dikaitkan dengan kulit karena kemampuannya dalam menjaga kesehatan dan tingkat kecerahan kulit.

Makanan yang bisa dijadikan sumber vitamin E meliputi kacang-kacangan, biji-bijian, buah zaitun, gandum dan alpukat.

3. Lakukan perawatan anti aging

Perawatan anti aging mencakup banyak teknik perawatan kulit, metode yang biasa digunakan dalam perawatan anti aging meliputi:

  1. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit
  2. Penggunaan produk pelembab
  3. Penggunaan produk anti aging

Penjelasan lengkap untuk ketiga metode tersebut bisa anda baca di bawah ini.

A. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan suatu metode yang difungsikan untuk mengangkat sel kulit mati agar memberi jalan bagi sel kulit baru. Bila metode ini dilakukan dengan benar maka hasilnya akan terlihat pada kulit. Kulit akan terlihat lebih cerah, lentur dan sehat.

Silahkan baca panduan lengkap tentang cara melakukan pengelupasan kulit di halaman ini (Baca: Langkah mudah mengangkat sel kulit mati secara alami).

B. Penggunaan produk pelembab

Kelenturan dan kesehatan kulit juga sangat ditentukan oleh kadar kelembaban yang seimbang, oleh karena itu anda diwajibkan memberi kelembaban tepat bagi kulit.

Jika ini tidak dipenuhi maka masalah yang mungkin muncul adalah kulit kering, pecah-pecah, keriput dan lain sebagainya. Gunakan pelembab yang benar-benar tepat untuk jenis kulit masing-masing, silahkan baca di sini untuk membaca tips memilih produk pelembab secara benar (Baca: Tips para ahli dalam memilih pelembab).

C. Penggunaan produk anti aging

Banyak produk yang ditawarkan oleh produsen dengan harga bervariasi, namun bagi anda yang belum yakin dengan produk tersebut maka bisa membuat sendiri produk anti aging yang terbukti aman digunakan.

Sebelum mulai membuatnya, silahkan sediakan beberapa bahan penting di bawah ini:

  • Satu sendok teh jeruk lemon
  • Satu sendok makan minyak rosemary
  • Dua sendok teh jus apel
  • Dua putih telur
  • Tiga buah anggur tanpa biji

Untuk cara pembuatan dan pemakaian bisa dilihat berikut ini:

  1. Masukkan semua bahan di atas ke dalam blender
  2. Nyalakan blender dan tunggu hingga semua bahan menjadi halus dan rata
  3. Tuangkan ke dalam mangkuk lalu oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas
  4. Diamkan selama beberapa menit sampai masker mengering di wajah
  5. Bilas dengan air bersih

Agar hasilnya maksimal, usahakan untuk menggunakan masker anti aging di atas minimal dua kali seminggu. Kombinasikan juga masker di atas dengan ebrbagai tips anti aging lainnya yang telah kami jelaskan di halaman lain.

tags: