Tiga Tips Perawatan Rambut Kering

Tips Perawatan Rambut KeringJack Myers, seorang direktur di lembaga National Cosmetology Association menyatakan bahwa rambut kering bisa diakibatkan oleh banyak hal seperti berenang, terlalu sering menggunakan sampo, salah salam menggunakan hair dryer dan banyak lagi lainnya. Gangguan ini biasanya ditandai dengan kulit kepala pecah-peach, bersisik dan kadang disertai dengan ketombe.

Perlu perawatan intensif untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak berkelanjutan dan mengganggu kesehatan rambut. Kita bisa menggunakan cara biasa seperti menggunakan sampo pelembab, mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala atau bisa juga dengan menggunakan perawatan di salon.

Namun bila anda sedang mencari cara atau metode alternatif untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa juga mencoba tiga cara mudah di bawah ini. Berikut adalah tiga tips perawatan rambut kering seperti dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Menggunakan mayones

Seorang direktur di Vidal Sassoon Salon New York bernama Steven Docherty menyarankan bahwa untuk mengatasi masalah tersebut, mayones bisa dipilih sebagai cara alternatif.

Cukup oleskan mayones ke kulit kepala dan helaian rambut lalu diamkan selama satu atau dua jam baru kemudian dibilas dengan sampo ringan. Penggunaan secara teratur dapat mengurangi masalah rambut kering secara efektif, dalam beberapa hari saja hasilnya bisa langsung dirasakan.

Mayones bisa didapat dari toko kelontong atau toko makanan terdekat dengan harga yang relatif murah, selain aman, cara ini juga terbukti dapat mengembalikan kelembaban pada kulit kepala dan mengurangi permasalahan yang telah ada.

Kurangi penggunaan sampo

Dalam beberapa tulisan, kami telah menjelaskan bahwa penggunaan sampo pada rambut kering harus sesuai dengan aturan agar tidak menimbulkan masalah lain. Beberapa aturan dasar meliputi pemilihan produk sampo dan intensitas penggunaan.

Pemilihan sampo didasarkan atas kandungan yang ada di dalamnya, untuk rambut kering, sampo yang digunakan harus bersifat ringan dan tidak mengeringkan kulit kepala. Adapun intensitas penggunaan, para ahli berbeda pendapat mengenai hal ini, namun sebagian besar menyatakan dua kali seminggu sudah lebih dari cukup.

Sikat dengan lembut

Bila anda termasuk orang yang rutin menyikat rambut untuk mendapatkan rambut lurus dan mencegah rambut bercabang, maka lakukan aktifitas tersebut dengan lembut dan hati-hati.

Salah satu hal yang dianjurkan oleh para ahli terkait dengan hal ini adalah jangan sesekali menyikat rambut saat dalam keadaan basah karena dalam kondisi seperti ini rambut sangat rentan dan berada dalam kondisi terlemahnya.

Ketiga langkah di atas dapat digunakan sebagai langkah pencegahan ataupun sebagai salah satu metode untuk mengurangi masalah kulit rambut kering. Banyak cara dan metode lain yang harus kita ketahui, silahkan menuju halaman ini untuk metode lain yang mungkin belum anda ketahui [Baca: 11 solusi terbaik untuk mengatasi rambut kering].

tags: ,