Tiga Solusi Untuk Ketombe Kronis

Ketombe KronisDermatitis sebhorreic atau yang kita namakan dengan ketombe merupakan gangguan yang menyerang kulit kepala. Kulit kepala berketombe biasanya terasa gatal dan mudah ditemukan serpihan putih baik di helaian rambut ataupun pundak.

Serpihan ini sebenarnya kulit kepala yang mengelupas, pengelupasan kulit sendiri awalnya merupakan hal normal dan wajar terjadi baik pada manusia maupun pada binatang. Namun karena sebeb tertentu maka pengelupasan kulit tersebut mengalami peningkatan dan cenderung mengganggu.

Kondisi inilah yang kita sebut dengan masalah ketombe. Karena pengelupasan bisa terjadi pada hewan dan manusia maka masalah inipun sering dialami oleh hewan peliharaan.

Masalah ketombe bisa berbeda-beda tingkat keparahannya, tergantung dari penyebab dan kondisi kesehatan tiap orang. Untuk ketombe yang tidak terlalu parah cukup dengan menggunakan sampo anti ketombe rasanya sudah cukup.

Namun untuk masalah yang lebih kronis maka dibutuhkan penanganan serius. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk megnatasi gangguan ketombe yang telah masuk pada tahap kronis?

Berikut adalah tiga solusi untuk ketombe kronis seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

Pengobatan rumahan

Pengobatan tidak harus dilakukan di dokter, kita juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentunya dengan bahan dan metode yang tepat.

Jika bahan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan serta cara pembuatan dan pemakaiannya mengikuti anjuran maka metode inipun dianggap efektif dalam mengatasi masalah tersebut.

Salah satu bahan alami yang dianjurkan para ahli dalam mengatasi ketombe kronis adalah minyak pohon teh dan cuka sari apel. Cara pembuatan dan penggunaannya sendiri sangat sederhana dan mudah diikuti oleh siapapun.

Campurkan minyak pohon teh dan minyak zaitun kemudian aduk sampai rata. Oleskan pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan ringan selama 5 sampai 10 menit.

Tunggu sampai kering lalu bersihkan dengan air bersih atau bisa juga dnegan sampo herbal.

Untuk penggunaan cuka sari apel caranya sama dengan penggunaan minyak pohon teh, yakni gunakan untuk melakukan pemijatan ringan.

Langkah ini harus dilakukan setiap hari sampai masalah ketombe dapat benar-benar teratasi. Biasanya waktu yang dibutuhkan antara 3 sampai 7 hari.

Sampo anti ketombe

Ini adalah cara yang paling sering digunakan oleh setiap orang. Sampo anti ketombe memang dianjurkan para ahli untuk mengatasi masalah ini. Perlu diketahui bahwa sampo anti ketombe yang benar-benar efektif adalah semua jenis sampo yang mengandung semua atau salah satu bahan ketoconazole, asam salisilat, resorcin, selenium, zinc dan tar.

Oleh sebab itu pastikan sampo anti ketombe yang anda gunakan mengandung salah satu bahan yang telah disebutkan di atas.

Pengobatan medis

Bila kedua cara di atas tetap tidak mampu mengatasi masalah yang sedang anda derita, maka solusi terakhir adalah dengan mengunjungi dokter dan mendapatkan bantuan darinya.

tags: