Tiga Resep Perawatan Kulit Sederhana

resep perawatan kulitMelakukan perawatan kulit memang terkadang menjemukan, selain karena cukup memakan waktu, terkadang biaya yang harus dikeluarkan pun cukup besar.

Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi, karena kali ini kami akan mengulas beberapa resep perawatan kulit sederhana yang mudah diikuti, selain itu biaya yang dikeluarkan pun tidaklah terlalu besar karena bahan yang akan kita gunakan berasal dari lingkungan sekitar.

Berikut ini adalah tiga resep perawatan kulit sederhana seperti kami kutip dari beberapa sumber.

Masker wajah

Perawatan kulit tidak akan bisa dilepaskan dari penggunaan masker wajah, anda tidak perlu menyiapkan tempat atau anggaran khusus untuk ini.

Selain karena bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami, kita juga hanya akan membuatnya untuk sekali pakai. Dari sekitar 72 resep masker wajah yang sudah kami publikasikan di sini, tercatat ada sekitar empat jenis masker yang harus dicoba.

1. Masker alpukat

Masker ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses pergantian atau regenerasi kulit, bila digunakan secara teratur maka kulit akan selalu segar dan tampak lebih bersinar.

Kandungan asam linoleat dalam alpukat dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, efeknya kulit akan terasa lembut dan halus.

Selain digunakan untuk mencerahkan wajah dan melembutkan kulit, masker alpukat juga sering digunakan untuk mengatasi kulit kering, gatal-gatal karena iritasi dan mengatasi kulit bersisik.

Kelebihan lain dari masker ini adalah bahan yang digunakan sangat mudah dijumpai dan cara pembuatannya pun tergolong sederhana.

Silahkan baca di sini langkah-langkah pembuatannya >> Cara membuat masker alpukat.

2. Masker pisang

Pisang termasuk salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, vitamin ini berguna untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Selain meningkatkan produksi kolagen, kandungan vitamin C yang ada dalam pisang juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini umumnya berasal dari paparan sinar matahari, jika didiamkan maka flek hitam serta bercak hitam akan mulai terlihat di wajah.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat dan cara pembuatannya bisa anda baca di sini >> Fungsi dan cara membuat masker pisang.

3. Masker jeruk untuk mengatasi masalah jerawat

Hanya dalam waktu lima menit saja kita sudah memperoleh masker jeruk yang dapat digunakan untuk mencegah serta mengatasi masalah jerawat.

Buah ini memiliki sifat antiseptik alami yang berguna untuk membasmi semua jenis bakteri dan kuman. Seperti diketahui bahwa salah satu penyebab utama masalah jerawat adalah infeksi bakteri.

Inilah kenapa masker jeruk diyakini pakar kulit dapat menangkal gangguan jerawat sekaligus meredakannya. Silahkan baca di sini langkah dan penjelasan lengkapnya >>> Cara membuat masker jeruk untuk mencegah jerawat.

4. Masker kranberi untuk anti aging

Kranberi adalah buah yang masuk dalam keluarga buah beri, buah ini sudah bisa ditemukan di banyak tempat. Kranberi memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Dari sekian banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, vitamin C dan vitamin E adalah salah satunya. Kedua vitamin ini sering dikaitkan dengan kecantikan rambut dan kulit.

Beberapa pakar kulit bahkan menyebutkan bahwa buah ini terbukti efektif dalam menangkal penuaan dini dan menghilangkan tanda penuaan yang muncul di wajah.

Lihat di sini kandungan lengkap nutrisi yang dikandung kranberi dan cara pembuatannya >>> Cara membuat masker kranberi.

Scrub wajah

Resep perawatan kulit sederhana selanjutnya adalah scrub, sekilas mungkin tidak ada bedanya dengan masker, namun jika diperhatikan maka jelas ada perbedaan signifikan.

Scrub wajah digunakan untuk menangkal komedo dan jerawat. Kami telah menjelaskan bagaimana cara membuat scrub wajah dengan menggunakan bahan alami.

Ada dua resep yang bisa dipilih sesuai keinginan anda, pertama dengan menggunakan agar-agar dan kedua dengan menggunakan kacang almond.

Silahkan lihat di sini tahap pembuatannya >>> Cara membuat scrub wajah untuk mencegah dan mengatasi masalah komedo dan jerawat.

Pelembab kulit

Kadar kelembaban sangat mempengaruhi kecantikan kulit, ketika kelembaban ini hilang maka kulit akan menjadi kering dan bersisik. Selain itu kulit juga akan tampak kusam dan tidak bercahaya.

Banyak produk pelembab yang dijual bebas di toko kecantikan, namun bukan berarti anda tidak bisa membuatnya sendiri. Karena bahan yang digunakan berasal dari alam, maka akan lebih aman digunakan dibanding dengan produk pelembab komersil yang telah bercampur dengan pengawet buatan dan bahan kimia lainnya.

Silahkan baca di sini cara pembuatannya >>> Cara membuat pelembab kulit.

Resep perawatan kulit di atas mudah diikuti dan tentunya telah diuji oleh banyak pakar kulit, silahkan jalankan dan lakukan secara teratur agar kecantikan, kecerahan serta kelembutan kulit tetap terjaga.

tags: ,