3 Penyebab Utama Kulit terlihat Kusam

penyebab utama kulit kusamSelain tanda penuaan, masalah umum pada kebanyakan wanita adalah kulit kusam. Kondisi kulit seperti ini diakibatkan oleh banyak hal baik dari luar maupun dari dalam.

Untuk mengatasi persoalan ini, wanita pada umumnya hanya bergantung pada penggunaan krim pencerah saja tanpa memperhatikan hal yang memicu masalah tersebut.

Akibatnya adalah pengobatan cenderung kurang tepat sasaran sehingga hasilnya jauh dari kata memuaskan dan tentu saja persoalan tersebut bisa muncul kembali kapan saja.

Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu hal apa saja yang menyebabkan kulit kusam, baru kemudian mengambil langkah tepat untuk mengatasinya.

Di bawah ini merupakan tiga penyebab utama kulit kusam yang jarang diperhatikan oleh wanita sehingga pengobatan yang telah dilakukan cenderung sia-sia.

1. Stres

Banyak hal yang memicu stres, contoh umumnya adalah tekanan di tempat kerja, beban hidup, masalah sosial dan lain sebagainya.

Stres bukan hanya berpengaruh langsung pada kesehatan seseorang, namun juga terlihat jelas pada kulit. Hormon yang dikeluarkan saat seseorang mengalami stres atau depresi dapat mempengaruhi penampilan kulit secara keseluruhan.

Oleh sebab itu lakukan penanganan secepat mungkin, beberapa langkah yang bisa diambil untuk meredakan stres meliputi:

  1. Mengatur pernafasan
  2. Yoga
  3. Berjalan kaki
  4. Melakukan hobi

Intinya, lakukan hal apapun yang dapat menyegarkan kembali pikiran.

2. Pola makan buruk

Pola makan yang tidak teratur atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan rendah gizi menjadi salah satu penyebab utama kulit kusam.

Kulit membutuhkan banyak vitamin untuk menjaga penampilannya, beberapa vitamin yang berhubungan langsung dengan kesehatan dan penampilan kulit meliputi vitamin C dan E.

Kedua vitamin tersebut banyak ditemukan pada buah dan sayur seperti jeruk, melon, alpukat, tomat, brokoli, pisang.

Selain itu, lakukan pula beberapa tips berikut ini untuk memperbaiki pola makan tersebut:

  • Kurangi meminum kopi
  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau
  • Batasi konsumsi gula dan garam
  • Hindari makanan berlemak jenuh
  • Cukupi kebutuhan tubuh akan air

3. Kurang tidur

Manusia membutuhkan waktu tidur hingga 7 sampai 8 jam perharinya, tidur yang dimaksud adalah tidur berkualitas. Ketika ini tidak diperoleh, maka imbasnya dapat langsung mempengaruhi tingkat kecerahan kulit dan mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kurang tidur bisa disebabkan oleh banyak hal seperti faktor lingkungan yang berisik, efek samping stres, pola makan yang buruk, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dan lain sebagainya.

Jika masalah kurang tidur disebabkan oleh faktor lingkungan, maka langkah penanggulangan yang bisa diambil adalah mencoba untuk berpindah tempat.

Namun bila kekurangan tidur ini disebabkan oleh masalah lain seperti insomnia akibat stres, cobalah untuk melakukan beberapa tips pada point 1, jika tidak teratasi, maka pilihan terbaik adalah mendatangi psikiater terdekat.

Itulah tiga penyebab utama kulit kusam yang paling sering dialami oleh manusia namun kurang mendapat perhatian lebih. Silahkan lakukan semua langkah pencegahan dan penanggulangan yang telah di jelaskan di atas agar tingkat kecerahan kulit bertambah.

Namun jika dalam kondisi darurat, anda bisa menggunakan makeup untuk membuat wajah terlihat cerah, silahkan buka halaman ini untuk membaca panduannya (Baca: Tips mencerahkan wajah menggunakan makeup).

tags: