Tiga minyak esensial untuk mengatasi rambut rontok

minyak esensialRambut rontok memang menjadi masalah serius bagi kebanyakan orang belakangan ini, berbagai hal yang diduga menjadi pemicunya telah sering disampaikan.

Meskipun kerontokan lebih sulit diatasi namun hal itu tidak berarti bahwa kita hanya bisa pasrah dan berdiam diri saja, masih ada kesempatan untuk mencegah dan mengobati gangguan tersebut.

Salah satu metode pengobatan yang mulai banyak digunakan orang adalah pemijatan kulit kepala dengan menggunakan berbagai minyak esensial. Minyak ini digunakan bukan hanya sebagai pelumas, namun juga menutrisi akan rambut dan folikel.

Namun sebelum menggunakan beberapa diantaranya, ada baiknya kita menanyakannya terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan agar langkah yang kita ambil tidak sia-sia.

Berikut ini adalah 3 jenis minyak esensial yang bisa kita pergunakan untuk mengatasi rambut rontok, informasi ini kami dapatkan dari beberapa sumber yang mendalami bidang ini.

1. Rosemary

Minyak ini dihasilkan dari proses penguapan bunga rosemary, memiliki bau yang tajam dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Tercatat ada beberapa khasiat yang telah diketahui seperti melancarkan pernafasan, mengatasi atau mengurangi efek iritasi pada kulit dan terakhir adalah meningkatkan pertumbuhan rambut.

Menurut Dr. Jeanette Jacknin dalam bukunya yang berjudul Smart Medicine for Your Skin, pemijatan kulit kepala dengan menggunakan kombinasi minyak almond dan rosemary dapat mencegah kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita hanya perlu melakukan pemijatan kulit kepala sedikitnya satu kali sehari dan dilakukan menjelang tidur.

2. Lavender

Minyak ini memiliki khasiat serba guna dan dihasilkan dari bunga lavender. Penggunaan minyak ini telah dilakukan semenjak zaman dulu untuk mengatasi stress, sakit kepala, depresi dan kecemasan.

Selain itu, menurut National Center for Complementary and Alternative Medicine minyak lavender juga berguna untuk mencegah rambut rontok.

Langkah dan caranya tidak jauh berbeda dengan penggunaan rosemary, kita harus menggunakan minyak ini untuk melakukan pemijatan kulit kepala dan dilakukan sebelum tidur.

Kombinasi lavender dengan rosemary sangat dianjurkan oleh para ahli, oleh sebab itu jika kita memiliki keduanya, cobalah untuk mengkombinasikannya.

3. Pepermin

Kita lebih sering mendapati minyak ini di dapur, biasanya digunakan sebagai pewangi makanan sebelum disajikan. Selain memiliki manfaat untuk menggugah selera makan, minyak ini juga diketahui dapat mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

Untuk cara serta langkah-langkahnya tidak ada yang berbeda dengan dua point di atas. Cukup oleskan ke jari-jemari kita lalu lakukan pemijatan kulit kepala secara perlahan.

Pemijatan tersebut dilakukan minimal dua kali sehari, yakni saat menjelang tidur dan di pagi hari. Dalam beberapa hari atau minggu, kerontokan akan jauh berkurang.

Ketiga jenis minyak di atas bahkan sering digunakan pada produk perawatan rambut komersil, silahkan lihat pada kemasan produk tersebut untuk membuktikannya.

tags: ,