Tiga Kondisi Medis yang Berhubungan Dengan Rambut Kering

Kondisi Medis yang Berhubungan Dengan Rambut KeringKondisi rambut bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi dan lingkungan di mana tempat seseorang tinggal. Pada beberapa orang, masalah rambut kering kadang dianggap wajar karena telah ada sejak ia dilahirkan, namun untuk sebagian besar golongan lainnya, rambut yang mengalami kekeringan sering diakibatkan oleh paparan sinar matahari atau ada kondisi medis yang mempengaruhinya.

Benar, untuk banyak kasus, rambut kering sering menjadi pertanda adanya penyakit yang sedang menyerang seseorang. Bila tanda ini tidak diindahkan maka penyakit tersebut akan bertambah parah dan bisa membahayakan. Cara terbaik untuk memastikan apakah kondisi rambut yang kering merupakan tanda adanya gangguan medis atau hanya karena faktor lingkungan saja adalah dengan mengunjungi dokter terdekat.

Berikut adalah tiga kondisi medis yang berhubungan dengan rambut kering seperti dilansir oleh National Library of Medicine.

Gangguan pada kelenjar tiroid

Salah satu fungsi kelenjar tiroid adalah memproduksi hormon yang dapat mengendalikan tubuh untuk memproses energi dan protein yang ada. Ketika kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tersebut dalam jumlah yang dibutuhkan, maka efeknya bisa menyebabkan rambut kering.

Kondisi di atas lebih dikenal dengan hipotiroidisme, suatu kondisi dimana terjadi penurunan dalam produksi hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid karena sebab tertentu.

Salah satu penyebabnya adalah tiroiditis hashimoto, suatu penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan pada tiroid (gondok) sebagai reaksi dari sistem imun atau kekebalan tubuh.

Kekurangan nutrisi

Manusia membutuhkan nutrisi dan gizi seimbang agar seluruh organ tubuhnya berfungsi dengan baik, bila kedua hal tersebut tidak terpenuhi maka cepat atau lambat segala penyakit dan gangguan kesehatan akan mulai datang menyerang.

Salah satu efek yang akan segera terlihat adalah rambut yang menjadi lebih kering dari pada biasanya karena folikel kekurangan suplai protein dan nutrisi yang dibutuhkannya.

Kondisi ini mungkin jarang ditemukan di zaman seperti ini, namun masih sering terjadi di daerah-daerah atau negara terbelakang yang tingkat perekonomiannya jauh di bawah garis kemiskinan.

Perubahan fisik

Perubahan pada fisik juga bisa menyebabkan terjadinya kekeringan pada kulit kepala dan rambut, salah satu contohnya adalah perubahan fisik akibat usia. Ketika penuaan terjadi maka produksi hormon dan fungsi organ tubuh menjadi menurun dan tidak seefektif saat masih muda dulu.

Mungkin tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengatasi perubahan tersebut, namun masih bisa disiasati dengan menggunakan pelembab dari luar seperti menggunakan produk pelembab rambut, mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Terkadang kita lebih sibuk mencari bagaimana cara mengatasi suatu masalah tanpa memperhatikan apa penyebab dari gangguan tersebut. Karena kita berbicara masalah medis maka orang yang ahli di bidang ini adalah dokter, kunjungi dokter terdekat untuk mengetahui penyebab pasti masalah rambut kering.

tags: