Tiga Jenis Vitamin Untuk Rambut Kering

Vitamin Untuk Rambut KeringTidak seperti rambut normal dan jenis rambut lainnya yang memiliki kelembaban dan minyak dalam jumlah memadai, rambut kering tidak memiliki keduanya dalam jumlah yang tepat sehingga tidak memiliki kemampuan untuk mempertahankan tekstur dan kesehatannya.

Banyak langkah yang disarankan oleh pakar rambut untuk mencegah bertambah parahnya kondisi tersebut seperti tidak terlalu mencuci rambut, menggunakan kondisioner secara teratur dan tidak menggunakan hair dryer.

Selain itu kita juga bisa meningkatkan kesehatan rambut dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam kedua jenis makanan tersebut dapat membantu rambut tetap sehat dan lembab.

Berbicara tentang vitamin, rambut kering membutuhkan sedikitnya tiga jenis vitamin untuk memberikan kelembaban dari dalam dan mencegar terjadi kulit kepala bersisik dan munculnya ketombe.

Berikut adalah tiga jenis vitamin untuk rambut kering agar kulit kepala lebih lembab dan terhindar dari masalah ketombe.

Vitamin A

Menurut Pittsburgh Medical Center, rambut kering merupakan salah satu tanda seseorang kekurangan vitamin A. Oleh sebab itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin A.

Vitamin A bisa didapat dari sumber alaminya seperti ubi jalar, tomat, kangkung, pepaya, hati, jeruk dan telur. Selain dari sumber alami, vitamin ini juga bisa didapat dengan mengkonsumsi suplemen.

Namun perlu diketahui bahwa konsumsi vitamin A berlebihan dapat menyebabkan gangguan fungsi organ hati sehingga berkonsultasilah dengan dokter terdekat sebelum mulai mengkonsumsi vitamin ini jika anda mengambilnya dari suplemen.

Biotin

Biotin atau vitamin B 7 merupakan salah satu vitamin penting untuk metabolisme makanan dan memberikan nutrisi pada rambut agar lebih sehat dan normal. Dr. Andrew Weil menyebutkan bahwa salah satu masalah yang menyebabkan rambut kering adalah kekurangan biotin sehingga salah satu jawaban untuk mengatasinya adalah dengan memberikan tubuh asupan biotin lebih banyak lagi.

Vitamin ini tersedia dalam bentuk suplemen, atau kita juga bisa mendapatkannya langsung dari sumber alami seperti gandum, kembang kol, brokoli, kacang-kacangan, telur, ragi, ikan, jagung dan kedelai.

Vitamin E

Vitamin E juga dikenal sebagai vitamin yang dapat meringankan masalah arambut kering, vitamin bekerja dengan dua cara yakni melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga semua nutiris dan vitamin dapat tersuplai dengan baik dan cara kedua adalah dengan mengurangi kerusakan dari dalam.

Selain itu vitamin E juga diketahui memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal segala jenis radikal bebas dan menetralisir racun dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan segala jenis kerusakan rambut.

Vitamin E bisa didapat dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, minyak nabati, gandum, kedelai dan biji-bijian. Kita pun bisa mendapatkannya melalui suplemen yang banyak dijual dengan harga tidak terlalu mahal.

tags: ,