Tiga Jenis Body Oil Untuk Kulit Kering

body oil untuk kulit keringBanyak hal yang dapat menyebabkan kulit kering seperti faktor keturunan, lingkungan, radikal bebas, pola makan tidak sehat, gaya hidup yang cenderung tidak teratur dan lain sebagainya. Semuanya itu berpengaruh langsung terhadap hilangnya kelembaban kulit sehingga membuatnya lebih kering dan mudah pecah-pecah.

Selain itu perawatan yang salah juga dapat mengakibatkan kulit kering, salah satu contohnya adalah terlalu sering mencuci wajah dengan pemberih. Setiap pembersih pada umumnya memiliki sifat yang dapat menguras kelembaban sehingga bila dipergunakan terlalu sering dapat membuat kadar kelembaban pada kulit jauh menurun.

eskipun demikian banyak cara yang dapat dicoba untuk menghadapi masalah tersebut mulai dari cara medis yang membutuhkan biaya maupun cara tradisional yang lebih murah dan aman. Perbedaan di antara kedua cara tadi hanyalah kecepatan dalam mengatasi masalah tersebut.

Cara tradisional meliputi terntang merubah kebiasaan saat merawat kulit, menggunakan bahan alami seperti buah dan sayur untuk digunakan sebagai masker dan terakhir adalah dengan menggunakan minyak.

Tidak semua minyak minyak memiliki keampuhan dalam mengembalikan kelembaban pada kulit, hanya ada beberapa saja dan dalam artikel ini anda akan menemukan tiga diantaranya.

Berikut adalah tiga jenis body oil untuk kulit kering seperti dikutip dari Mayo Clinic dan beberapa sumber penting lainnya.

Baby oil

Minyak bayi atau lebih dikenal dengan baby oil merupakan salah satu jenis minyak yang terbuat dari minyak mineral. Mayo Clinic melansir bahwa penggunaan minyak jenis ini dapat mengurangi kekeringan dengan cara mengikat kelembaban yang ada di udara lalu menyimpannya pada permukaan kulit. Waktu penggunaan yang paling dianjurkan adalah setiap kali habis mandi.

Penggunaan teratur dapat membuat kulit lebih lembab dan menjadikannya lebih halus, lembut dan terhindar dari pecah-pecah atau kulit bersisik.

Minyak canola

Dalam sebuah buku berjudul Flowers That Heal, Judy Griffin menyatakan bahwa minyak canola termasuk ke dalam salah satu jenis minyak lemak esensial yang berguna untuk megnurangi peradangan dan iritasi serta gangguan kulit kering.

Meskipun memiliki khasiat dan manfaat nyata, banyak orang yang kurang begitu menyukai aroma dari minyak ini. Untuk mensiasatinya kita bisa mencampurkan sedikit minyak lavender ke dalamnya agar aromanya bisa lebih wangi lagi.

Olive oil

Ini adalah jenis minyak esensial yang paling banyak digunakan dalam dunia kecantikan maupun kesehatan, terlebih dalam kaitannya dengan masalah kulit.

Paula Begoun pernah menyatakan dalam sebuah buku berjudul The Complete Beauty Bible bahwa banyak keuntungan yang didapat oleh seseorang ketika menggunakan minyak zaitun pada kulit mereka. Salah satu keuntungan tersebut adalah keampuhannya dalam meningkatkan kelembaban kulit.

Waktu terbaik untuk menggunakan minyak ini adalah malam hari atau tepat sebelum beranjak tidur. Hasil yang didapat akan jauh lebih maksimal lagi bila dikombinasikan dengan penggunaan produk pelembab yang biasa kita gunakan.

tags: