Tiga Hal Utama yang Menjadi Penyebab Munculnya Uban

penyebab munculnya ubanMungkin sebagian diantara kita merasa heran dan bertanya-tanya, kenapa rambut sudah mulai beruban padahal usia kita masih relatif muda? Apa sebeneranya yang salah, apakah itu normal? Masih banyak pertanyaan lainnya yang mungkin sampai sekarang belum terjawab.

Kemunculan uban sering diidentikkan dengan tanda penuaan atau faktor usia yang sudah mulai senja, namun faktanya kita bisa menemukan secara mudah remaja dengan uban yang cukup lebat.

Mengutip salah pernyataan dari salah satu pakar rambut bahwa uban yang muncul pada remaja tidaklah normal, banyak hal yang diduga kuat menjadi penyebab munculnya uban pada kalangan remaja.

Dari pernyataan tersebut dapat kita pahami bahwa tumbuhnya uban di usia muda bukan merupakan sesuatu yang normal, oleh karena itu perlu diketahui terlebih dahulu apa saja hal yang memicu kemunculannya.

Dengan mengetahui semua faktor yang dapat menjadi penyebab tersebut, kita bisa mencegah kemunculan uban dengan cara menghindari semua hal yang dapat memicu munculnya uban.

Berikut adalah tiga hal pokok yang dianggap para ahli sebagai penyebab munculnya uban.

1. Faktor kebiasaan dan kesehatan

Kebiasaan buruk yang dilakukan sejak muda dan berlangsung lama dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal tersebut berpengaruh langsung terhadap kemunculan uban di usia remaja. Merokok, kekurangan gizi dan nutrisi merupakan tiga contoh utama yang sering dilakukan atau dialami orang.

Jika anda bermasalah dengan uban, cobalah untuk menghentikan dan memperbaiki gaya hidup yang tidak sehat.

2. Faktor genetik

Penyebab munculnya uban kedua adalah faktor keturunan atau genetik. Orang tua yang bermasalah dengan uban saat dia masih remaja, biasanya masalah tersebut akan menurun ke anaknya.

Untuk mengurangi kondisi tersebut, pastikan untuk menjalankan gaya hidup sehat supaya kemunculan uban karena faktor ini bisa dikurangi potensinya.

3. Kerusakan pada melanosit

Melanosit merupakan sekumpulan sel yang bertanggung jawab langsung pada proses pembentukan pigmen melanin. Ketika melanosit mengalami kerusakan maka sel tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dan rambut akan mulai berwarna abu-abu atau putih.

Selain dari ketiga penyebab munculnya uban di atas, masih banyak faktor lain yang diketahui dapat mempercepat munculnya uban. Stres atau efek dari penyakit tertentu yang sedang diderita menjadi contoh lain faktor pemicu uban.

Anda bisa membaca penyebab uban lainnya dalam tulisan kami yang berjudul apa sajakah penyebab uban? dan juga empat pemicu uban pada anak.

Akan tetapi bagi anda yang sedang mengalami masalah ini, tidak perlu berkecil hati karena gangguan tersebut bukan akhir dari segalanya.

Banyak langkah dan cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan menggunakan bubuk garam. Silahkan baca di sini panduannya >>> Cara menghilangkan uban dengan bubuk garam.

Pastikan pula untuk merubah pola makan dan menjalankan gaya hidup sehat, apa saja yang sebaiknya dimakan dan kebiasaan apa yang sebaiknya dilakukan? Silahkan lihat di sini >>> Cara alami menghilangkan uban dengan cara memperbaiki pola makan dan gaya hidpu sehat.

tags: