Tiga Hal Penting Dalam Perawatan Kulit Yang Harus Anda Tahu

hal penting dalam perawatan kulitTiap orang mendambakan memiliki kulit sempurna bebas dari segala macam gangguan. Lembut, halus, bebas keriput dan tentunya kencang, sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.

Perawatan kulit yang kebanyakan ditempuh oleh mereka justru tidak memberi dampak signifikan bahkan tidak jarang membawa bumerang. Untuk itu perlu diketahui terlebih dahulu apa saja hal penting dalam perawatan kulit agar usaha yang dilakukan tidak sia-sia dan hasil yang didapat sesuai dengan keinginan kita.

Berikut ini merupakan tiga hal penting dalam perawatan kulit yang harus anda ketahui.

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan sel dan permukaan kulit menjadi hal penting yang harus dilakukan secara rutin. Metode ini bertujuan agar sel kulit mati tidak menyumbat pori-pori kulit dan memastikan permukaan kulit tetap cerah.

Meskipun menjadi penting, eksfoliasi yang tidak dilakukan dengan benar justru dapat memicu berbagai macam masalah kulit seperti kulit kering, pecah-pecah dan iritasi.

Oleh sebab itu, pastikan anda memahami dengan benar tentang metode ini sebelum mulai menjalankannya. Silahkan baca di berikut untuk mengetahui informasi apa saja yang perlu diketahui terkait eksfoliasi atau pengelupasan kulit (Baca: Cara aman mengangkat sel kulit mati).

Baca juga beberapa pernyataan para ahli terkait dengan intensitas atau seberapa sering eksfoliasi sebaiknya dilakukan (Baca: Seberapa sering sebaiknya eksfoliasi dilakukan).

2. Hidrasi

Hal penting kedua yang sangat berpengaruhn pada kesehatan kulit adalah kecukupan cairan. Selain untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan menurunnya metabolisme tubuh, cairan yang cukup juga berperan penting dalam menjaga kadar kelembaban kulit.

Minumlah air putih 7 sampai 8 gelas perhari atau sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Kekurangan cairan dapat berpengaruh langsung pada kulit dan mengakibatkan kulit kering, kusam, pecah-pecah dan munculnya keriput.

Jika kebutuhan ini dipenuhi dengan baik, maka kulit akan selalu tampak segar dan terlihat lebih cerah.

3. Lindungi dari terik matahari

Hal penting lainnya dalam perawatan kulit adalah perlindungan kulit dari bahaya sinar matahari. Sinar matahari diketahui dapat memicu kulit kering, terbakar dan bahkan kanker kulit.

Untuk melindungi bagian ini dari radikal bebas sinar matahari bisa dengan menggunakan kain untuk menutupi kulit, selain itu penggunaan krim tabir surya juga diperlukan.

Pilihlah tabir surya yang cocok dengan jenis kulit dan memiliki tingkat SPF minimal 15. Untuk mengetahui bagaimana cara memilih krim tabir surya yang benar, silahkan baca panduannya di halaman berikut (Baca: Cara memilih krim tabir surya).

Tiga point di atas merupakan tiga hal penting dalam perawatan kulit yang tidak boleh diabaikan jika anda masih mendambakan kulit kencang, halus, lembut, cerah dan bebas keriput.

tags: ,