Tiga Efek Berenang Pada Kulit dan Rambut

efek berenang pada kulitBanyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari salah satu cabang olahraga ini, selain dapat menurunkan tingkat stres pada seseorang, renang juga diketahui sebagai salah satu aktifitas pembakar kalori paling efektif setelah olahraga lari.

Meski mempunyai banyak manfaat dalam kaitannya dengan kebugaran tubuh, renang juga tidak terlepas dari segala efek samping yang mungkin dialami oleh perenang itu sendiri.

Hal ini disebabkan oleh klorin yang ada dalam kolam renang, bahkan bakteri dan kuman jika kolam renang tidak dibersihkan secara teratur dan benar oleh pengelolanya.

Efek samping renang yang akan didapat mungkin berbeda antara satu orang dengan lainnya, untuk mengetahui apa saja efek tersebut, berikut kami jelaskan secara mendalam.

Di bawah ini merupakan tiga efek berenang pada kulit dan rambut yang mungkin ditemukan oleh para perenang.

1. Kulit kering

Klorin yang ada dalam kolam renang pada umumnya akan menghilangkan minyak alami yang ada di permukaan kulit, hal ini memicu kulit kering dan gatal-gatal.

Bagi orang yang memiliki kulit sensitif bahkan bisa memicu reaksi alergi, iritasi, peradangan dan munculnya ruam. Untuk mencegah efek tersebut, disarankan agar selalu mengoleskan lotion atau tabir surya.

Perlu diketahui bahwa tabir surya bukan hanya diperuntukkan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, pada beberapa jenis produk tabir surya juga dilengkapi dengan perlindungan kulit dari air.

Setelah aktifitas renang selesai dilakukan maka segeralah melakukan beberapa langkah penting untuk meminimalisir efek berenang pada kulit. Apa sajakah langkah-langkah itu? Silahkan baca di halaman berikut ini (Baca: Perawatan kulit setelah berenang).

2. Rambut kering

Klorin bukan hanya menghilangkan minyak alami dari permukaan kulit, namun juga pada kulit kepala. Akibatnya rambut akan kering dan terlihat kusam.

Pada beberapa kasus tertentu bahkan disertai dengan gangguan ketombe, mudah patah, raqmbut bercabang dan kerontokan. Efek ini sebenarnya bisa diminimalisir apabila perenang mengetahui semua hal yang seharusnya dilakukan baik sebelum maupun sesudah renang.

Salah satu hal penting yang disarankan para ahli adalah membasahi rambut dengan air sebelum masuk ke kolam renang, alasannya karena rambut yang sudah basah tidak dapat menyerap zat klorin dalam jumlah besar.

Untuk lebih detail tentang perawatan rambut yang seharusnya dilakukan baik sebelum maupun setelah berenang, silahkan buka halaman ini dan lakukan semua langkahnya (Baca: Perawatan rambut setelah berenang).

3. Rambut berwarna hijau

Ini termasuk salah satu efek berenang pada rambut yang sering dikeluhkan oleh para perenang, efek ini memang terjadi di hampir semua perenang, meskipun kebanyakan dari mereka tidak menyadari perubahan warna tersebut.

Perubahan warna dasar rambut menjadi hijau tidak hanya diakibatkan oleh klorin, namun juga hasil dari kombinasi setelah tercampurnya klorin dengan tembaga atau besi yang ada dalam kolam renang.

Untuk mengatasi masalah ini, gunakan sampo yang memang dirancang secara khusus untuk mengembalikan warna dasar rambut, pastikan pula untuk menggunakan topi renang saat melakukan aktifitas ini agar efek berenang pada rambut bisa dihindari.

tags: