Tiga Cara Mudah Meluruskan Rambut

cara mudah meluruskan rambutRambut memiliki pengaruh yang begitu besar pada manusia, bahkan menurut sebagian kepercayaan yang berkembang di pulau Jawa menyatakan bahwa sifat dan kepribadian seseorang bisa dilihat dari rambutnya.

Orang yang memiliki rambut lurus dianggap memiliki kepribadian menarik dan pandai bergaul, sedangkan rambut ikal dianggap pandai menyembunyikan sesuatu. Boleh percaya boleh tidak, tapi itulah sebagian mitos yang ada di pulau Jawa.

Terlepas dari kepercayaan  masyarakat tersebut, rambut lurus memang sedang menjadi trend tersendiri sehingga banyak wanita yang rela menggunakan jasa salon kecantikan hanya untuk meluruskan rambut mereka.

Biaya yang dikenakan tentu berbeda-beda, tergantung layanan yang dipilih, namun yang pasti perawatan tersebut tentu membutuhkan biaya dan anggaran yang harus disiapkan setiap bulan atau bahkan setiap minggunya.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mendapatkan keinginan tersebut, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Cara ini pun telah digunakan sejak zaman dulu dan masih dipertahankan hingga sekarang oleh beberapa orang.

Ingin tahu seperti apa langkah dan metode yang digunakan? Silahkan baca dan ikuti panduan di bawah ini. Berikut ini merupakan tiga cara mudah meluruskan rambut seperti dilansir oleh beberapa jurnal kecantikan.

1. Jus lemon

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jeruk lemon dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Jeruk lemon memiliki senyawa yang bila diterapkan pada rambut dapat membuatnya lebih lembut dan mudah diatur.

Untuk menggunakannya kita harus menyediakan santan sebanyak 8 ons, masukkan santan tersebut ke dalam gelas lalu campurkan perasan jeruk lemon secukupnya.

Masukkan gelas tadi ke dalam lemari pendingin dan diamkan selama beberapa jam, setelah kombinasi santan dan jeruk lemon benar-benar dingin maka kita dapat melihat adanya krim di permukaan gelas tersebut.

Ambil bagian berbentuk krim tadi lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut, tutupi dengan plastik atau handuk dan biarkan selama satu jam. Setelah itu baru bilas dengan air bersih, lakukan langkah ini minimal tiga kali seminggu. Hasilnya bisa dilihat di minggu kedua.

2. Madu dan stroberi

Keduanya sudah sangat dikenal dalam dunia kecantikan, memiliki beragam manfaat baik untuk kulit maupun untuk rambut. Khusus untuk rambut, madu dan stroberi mampu memberikan kelembaban alami sehingga mudah diatur dan lembut.

Jika digunakan secara teratur maka dalam beberapa minggu kedepan rambut akan lurus. Untuk mendapatkannya, ikuti cara-cara berikut ini.

Siapkan susu sebanyak satu gelas kecil lalu tambahkan beberapa tetes madu, masukkan juga beberapa buah stroberi lalu haluskan kedua bahan tadi. Terapkan pada seluruh bagian rambut dan tutup dengan handuk selama satu jam, bilas sampai bersih dan keringkan.

3. Minyak zaitun

Minyak ini bukan hanya biasa digunakan untuk melancarkan peredaran darah, namun juga dapat meluruskan rambut. Caranya panaskan terlebih dahulu minyak zaitun secukupnya, tunggu sampai hangat lalu gunakan untuk memijat kulit kepala. Lakukan cara ini setiap malam sampai 7 hari ke depan.

tags: