Tiga Cara Alami Menghilangkan Ketombe

cara alami menghilangkan ketombeMeskipun pada dasarnya ketombe tidak bisa dihilangkan 100%, namun bila usaha yang dilakukan benar dan tepat maka niscaya masalah ketombe dapat dikendalikan dengan mudah. Tidak perlu produk mahal untuk mengendalikan ketombe, cukup dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita.

Hasil yang kita dapat tidak kalah hebat dari hasil yang diperoleh saat menggunakan produk perawatan mahal, dari tingkat keamanan pun lebih terjamin karena sama sekali tidak menggunakan unsur atau senyawa kimia dan bahan berbahaya lainnya.

Berikut adalah cara alami menghilangkan ketombe seperti dinyatakan oleh para ahli dan dikutip oleh berbagai jurnal.

Madu

Sebuah penelitian yang dikerjakan oleh pakar rambut menemukan fakta bahwa madu sangat efektif dalam mengendalikan pengelupasan kulit kepala. Perlu diketahui bahwa asam mula ketombe berasal dari kulit kepala yang mengelupas, pengelupasan ini sebenarnya hal alami dan wajar terjadi.

Namun ketika proses terjadi dalam waktu cepat dan berkesinambungan maka tentunya sangat mengganggu, pengelupasan ini pun bukanlah hal yang wajar terjadi dan biasanya dipicu oleh banyak hal.

Madu berguna untuk mengendalikan proses pengelupasan kulit kepala agar proses tersebut berjalan sewajarnya, hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada tahun 2004 dalam sebuah jurnal berjudul European Journal of Medical Research.

Lalu bagaimana cara menggunakan madu untuk mengatasi ketombe? Sangat mudah, cukup oleskan madu ke seluruh bagian kulit kepala dan diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan dingin. Jika ingin hasil lebih maksimal lagi dan kebetulan kita memiliki waktu cukup senggang maka biarkan madu selama beberapa jam.

Cuka sari apel

Cuka bersifat asam dan dapat mengembalikan kelembaban pada kulit kepala sehingga pengelupasan kulit dapat dikontrol dengan baik. Namun jika terlalu banyak menggunakan cuka sari apel maka kulit kepala akan mengalami kekeringan, hal ini tentunya dapat memicu kerusakan lain seperti rambut kusam atau kering.

Oleh sebab itu gunakan sewajarnya dan dalam jumlah tepat. Berapa banyak cuka sari apel yang dibutuhkan? Kita hanya membutuhkan satu sendok makan.

Untuk penggunaannya, masukkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam satu cangkir air hangat. Gunakan air tadi untuk membilas rambut kita dan diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dengan air dingin.

Rosemary

Ini adalah salah satu jenis minyak esensial dan dapat kita jumpai di toko-toko terdekat dengan harga murah. Minyak rosemary diketahui memiliki sifat anti bakteri dan ampuh dalam mengendalikan ketombe.

Untuk cara pakainya sendiri terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Pertama cuci rambut dengan sampo ringan, setelah selesai biarkan rambut mengering secara alami.

Tuangkan beberapa tetes minyak rosemary ke telapak tangan dan mulailah memijat kulit kepala secara perlahan. Lakukan proses ini satu kali sehari selama tujuh hari berturut-turut.

tags: