Tiga Bentuk dan Kondisi Rambut Sesuai Usia

kondisi rambutBentuk dan Kondisi Rambut Sesuai Usia – Bertambahnya usia seseorang berpengaruh langsung pada perubahan tubuhnya, perubahan tersebut bisa terlihat mulai dari mengendurnya kulit, munculnya keriput di sana-sini, berkurangnya atau melemahnya fungsi tubuh tertentu seperti indra pengelihatan dan lain sebagainya.

Selain anggota badan yang telah disebutkan di atas, rambut termasuk salah satu bagian yang ikut berubah. Perubahan pada rambut umumnya terbagi menjadi tiga bagian sesuai dengan usia, adapun keterangan lengkapnya bisa anda baca di bawah ini.

Berikut adalah tiga bentuk dan kondisi rambut sesuai usia atau umur anda masing-masing.

Umur 20 – 29

Di usia 20 sampai 29 tahun, hampir semua wanita memiliki rambut yang indah. Hal ini disebabkan oleh kelembaban di kulit kepala yang cenderung masih sangat baik.

Bila tidak ada gangguan kesehatan atau kondisi medis yang menyebabkan kerusakan pada rambut, maka rambut akan terlihat indah, lembut dan bersinar.

Bagi anda yang berusia 20 sampai 29 tahun, dianjurkan untuk mulai meninggalkan makanan tinggi lemak, kalori, tinggi garam. Beralihlah ke buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin agar kecantikan rambut tetap terjaga lebih lama.

Lakukan pula perawatan rambut yang telah kami terangkan di halaman berikut >>> Kumpulan tips perawatan rambut secara alami dan medis.

Umur 30 – 39

Pada usia 30 tahun, proses penuaan telah dimulai. Hal ini ditandai dengan munculnya keriput, penurunan level metabolisme dan lain sebagainya.

Hal ini pun terjadi pada rambut, anda akan mulai menemukan rambut putih atau abu-abu. Meski begitu, secara garis besar rambut masih terlihat indah.

Untuk menjaga keindahan rambut tersebut, dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan bervitamin dan bernutrisi tinggi serta mulai berhenti mengkonsumsi makanan cepat saji.

Bila anjuran tersebut tidak diindahkan, maka besar kemungkinan kerusakan rambut akan cepat terjadi dan anda akan kehilangan rambut indah secara permanen.

Umur 40 ke atas

Bila pada usia 30 sampai 39 anda hanya akan menemukan tanda penuaan, maka di usia 40 semua tanda tersebut telah benar-benar terlihat terutama di bagian rambut.

Kulit kepala akan terasa lebih kering karena produksi sebum atau minyak di kulit kepala akan berkurang drastis. Jangan heran bila di usia seperti ini rambut akan lebih kering, bercabang, rapuh dan mengalami penipisan.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menghindari kerusakan rambut lebih parah.

Perlu diketahui bahwa mungkin tidak semua orang mengalami proses yang sama. Ada yang mengalami kerusakan rambut di usia yang masih sangat muda dan sebaliknya.

Tiga kondisi rambut sesuai usia di atas hanya dibentuk berdasarkan apa yang kebanyakan orang alami. Tidak 100% sama namun bisa dijadikan sebagai patokan karena telah disepakati oleh banyak pakar rambut.

tags: